Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar KPK Dan FPB Kelas IV MI Darul Muta'allimin Cepoko

Yuliani, Pipin Tri (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar KPK Dan FPB Kelas IV MI Darul Muta'allimin Cepoko. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932607418_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932607418_bab1.pdf

Download (251kB)
[img] Text
932607418_bab2.pdf

Download (232kB)
[img] Text
932607418_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text
932607418_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932607418_bab5.pdf

Download (175kB)
[img] Text
932607418_daftarpustaka.pdf

Download (236kB)
[img] Text
932607418_suratpernyataan.pdf

Download (325kB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif di MI Darul Muta’allimin Cepoko dilatar belakangi oleh kesulitan peserta didik memahami materi KPK dan FPB serta belum ada media pembelajaran yang digunakan untuk mata pelajaran matematika. Sehingga, perlu inovasi dalam penggunaan media pembelajaran untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran powerpoint interaktif yang valid dan efektif agar dapat diterapkan saat proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D), yang menggunakan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IV MI Darul Muta’allimin Cepoko yang berjumlah 22 anak. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adlah angket ahli media, ahli materi, respon peserta didik dan instrumen tes hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh skor hasli validasi ahli media persentase sebesar 92% termasuk dalam kriteria “Sangat Layak”. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 89% termasuk dalam kriteria “Sangat Layak”. Sedangkan hasil dari respon peserta didik diperoleh persentase sebesar 86% termasuk dalam kriteria “Sangat Layak”. Keefektifan media pembelajaran berdasarkan ketuntasan hasil belajar peserta didik diperoleh hasil uji n-gain persen diperoleh hasil 59,9%, termasuk dalam kriteria cukup efektif. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan media pembelajaran powerpoint interaktif dapat dikatakan layak dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Pipin Tri Yuliani
Date Deposited: 04 Oct 2022 03:38
Last Modified: 04 Oct 2022 03:38
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6412

Actions (login required)

View Item View Item