Implementasi Fundraising Dana Infaq Shodaqoh Ditinjau Dari Pemasaran Syariah Dan Sosiologi Ekonomi Islam ( Studi pada UPZIS Singonegaran Pesantren Kota Kediri)

Mujtahidah, Ni'mah (2022) Implementasi Fundraising Dana Infaq Shodaqoh Ditinjau Dari Pemasaran Syariah Dan Sosiologi Ekonomi Islam ( Studi pada UPZIS Singonegaran Pesantren Kota Kediri). Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92500719006_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
92500719006_bab1.pdf

Download (572kB)
[img] Text
92500719006_bab3.pdf

Download (342kB)
[img] Text
92500719006_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text
92500719006_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img] Text
92500719006_bab6.pdf

Download (438kB)
[img] Text
92500719006_daftarpustaka.pdf

Download (326kB)

Abstract

Fundraising adalah aktivitas yang penting bagi sebuah lembaga ZIS. Fundraising yang baik akan memberikan kepuasan kepada donatur. Donatur yang puas akan loyal kepada lembaga bersangkutan. Hal ini akan menjamin keberlangsungan sebuah lembaga. Aktivitas fundraising tidak bisa terlepas dengan kegiatan pemasaran. Pemasaran dan fundraising memiliki kesamaan yaitu membujuk orang untuk mengikuti sebuah kegiatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implemantasi fundraising dana infaq shodaqoh ditinjau dari pemasaran syariah dan sosiologi ekonomi Islam Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif . Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode interview, observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan uji credibity dan dependebility, Tahap terakhir yaitu analisa data menggunakan teknik Miles dan Hubberman yaitu reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa UPZIS Singonegaran melakukan fundraising dana infaq shodaqoh melalui gerakan KOIN NU Care. Pelaksanaan gerakan tersebut sesuai dengan Standart Operating Prosedure ( SOP ) gerakan NU Care LAZISNU Kota Kediri. UPZIS Singonegaran telah memenuhi tiga paradigma pemasaran syariah yaitu syariah marketing strategy, syariah marketing tactic dan syariah marketing value. Untuk memenangkan mind share, lembaga ini melakukan segmentasi berdasarkan geografis dan sosioekonomi. Target konsumennya yaitu Nahdliyyin. Strategi positioningnya yaitu lembaga ZIS yang menghimpun dana melalui kaleng khusus. Hal ini sekaligus sebagai pembeda dengan lembaga ZIS lainnya. Produk yang ditawarkan oleh UPZIS Singonegaran merupakan produk halal, humanistik, realistis dan transparansi. Lembaga tidak menentukan harga namun sesuai dengan kemampuan donatur. Promosi dilakukan melalui pengajian di wilayah Singonegaran. Dana infaq shodaqoh donatur diambil oleh koordinator RW. Untuk memenangkan heart share didukung oleh branding yang kuat, proses yang cepat serata layanan yang baik. Hal ini membuat UPZIS Singonegaran mampu mengumpulkan dana infaq shodaqoh secara rutin dari donatur. Menurut sosiologi ekonomi Islam, donatur UPZIS Singonegaran memiliki keterlekatan dengan organisasi NU dan nilai-nilai Islam tentang berinfaq. Berdasarkan keterlekatan tersebut, donatur gerakan KOIN NU Care UPZIS Singonegaran dapat dibagi menjadi tiga yaitu donatur yang sangat terlekat dengan NU, donatur yang terlekat dengan jaringan sosial personal di antara donatur dan donatur yang terlekat dengan nilai-nilai Islam ( hablun minnallah dan hablun minnas)

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY (Studi Kemasyarakatan, incl : sosiologi) > 1608 Sociology > 160810 Urban Sociology and Community Studies
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Ni'mah Mujtahidah
Date Deposited: 10 Oct 2022 07:19
Last Modified: 10 Oct 2022 07:19
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6324

Actions (login required)

View Item View Item