Pengembangan Media Power Point Interaktif Pada Tema 9 Subtema 2 Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VI SDN Mrican 2 Kediri

Putrianas, Difa Hanggar (2022) Pengembangan Media Power Point Interaktif Pada Tema 9 Subtema 2 Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VI SDN Mrican 2 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932611118_prabab.pdf

Download (386kB)
[img] Text
932611118_bab1.pdf

Download (277kB)
[img] Text
932611118_bab2.pdf

Download (240kB)
[img] Text
932611118_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
932611118_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932611118_bab5.pdf

Download (122kB)
[img] Text
932611118_daftarpustaka.pdf

Download (183kB)
[img] Text
932611118_suratpernyataan.pdf

Download (311kB)

Abstract

Pembelajaran merupakan sebuah kegiatan yang lumrah dilaksanakan pada setiap instansi Pendidikan. Kegiatan ini mempunyai beragam metode dan media yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan dari sebuah pembelajaran. Pada penelitian ini, kegiatan penelitian dilaksanakan pada saat virus Covid-19 sedang berlangsung. Ditemukannya permasalahan pada penelitian, yaitu dadri data kegiatan wawancara dan observasi yang dilaksanakan di kelas VI SDN Mrican 2 Kediri, diantaranya adalah kegiatan pembelajaran terganggu dikarenakan Covid-19 merajalela, motivasi belajar peserta didik kelas VI yang rendah pada pelajaran Tema 9 Subtema 2, dan belum tersedianya media pembelajaran yang cocok untuk Tema 9 Subtema 2. Peneliti merangkum hasil data wawancara dan observasi sehingga ditemukannya tujuan dari penelitian ini, yaitu 1) Untuk mengembangkan desain media Power Point Interaktif pada Tema 9 Subtema 2 dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VI di SDN Mrican 2 Kediri, 2) Untuk mengetahui kelayakan produk pengembangan media Power Point Interaktif melalui uji ahli media, uji ahli materi, serta uji produk kepada peserta didik kelas VI SDN Mrican 2 Kediri, 3) Untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas VI SDN Mrican 2 Kediri pada Tema 9 Subtema 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan model ADDIE. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SDN Mrican 2 berjumlah 33 orang. Media Power Point Interaktif telah memenuhi kriteria valid dengan hasil uji para ahli media dengan nilai 82,25% dan ahli materi dengan nilai 81% Penggunaan media pembelajaran Power Point Interaktif pada Tema 9 Subtema 2 kepada peserta didik kelas VI SDN Mrican 2 Kediri terbukti meningkatkan motivasi belajar peserta didik sebesar 69,48%.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Difa Hanggar Putrianas
Date Deposited: 18 Oct 2022 04:12
Last Modified: 18 Oct 2022 04:19
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6296

Actions (login required)

View Item View Item