Al Gholaini, Alifiyah Puspita (2022) Manajemen Tata Usaha dalam Meningkatkan Layanan Akademik Siswa di MAN 7 Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932406418_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932406418_bab1.pdf Download (206kB) |
|
Text
932406418_bab2.pdf Download (288kB) |
|
Text
932406418_bab3.pdf Download (198kB) |
|
Text
932406418_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (762kB) |
|
Text
932406418_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
|
Text
932406418_bab6.pdf Download (95kB) |
|
Text
932406418_daftarpustaka.pdf Download (162kB) |
|
Text
932406418_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
932406418_Suratpernyataan.pdf Download (44kB) |
Abstract
Pengaruh yang dapat dirasakan dengan hadirnya era globalisasi adalah di antaranya terjadi persaingan lembaga pendidikan. Hal ini menjadi suatu tantangan yang perlu disikapi secara kritis dan inovatif. Sebagai salah satu lembaga pelayanan publik, madrasah memiliki para tenaga administrasi dalam hal ini adalah tata usaha sebagai salah satu pendukung terwujudnya tujuan pendidikan. Peranan penting yang dimiliki oleh tata usaha yaitu memberikan pelayanan secara efektif dan efisien agar peserta didik melalui proses pendidikan yang optimal. Kolaborasi antar stakeholder dengan memanfaatkan teknologi informasi pada setiap pelaksanaan pelayanan menjadikan lembaga pendidikan memiliki pengelolaan yang terstruktur. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menelaah bentuk-bentuk layanan akademik siswa dalam manajemen tata usaha di MAN 7 Jombang, (2) mengetahui manajemen tata usaha dalam meningkatkan layanan akademik siswa di MAN 7 Jombang, (3) menjelaskan dampak manajemen tata usaha dalam meningkatkan layanan akademik siswa di MAN 7 Jombang. Design penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang digunakan merupakan data primer dan sekunder. Adapun sumber data yang dipilih meliputi: kepala madrasah, kepala tata usaha, staf tata usaha bidang akademik, waka kurikulum, waka kesiswaan, 1 guru, dan 4 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui teknik peningkatan ketekunan, triangulasi, dan member check. Untuk teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan peneliti bahwa: (1) Tata Usaha MAN 7 Jombang mengelola bentuk-bentuk pelayanan akademik kepada siswa di antaranya: membantu kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), mendukung pelaksanaan kurikulum, menghimpun nilai hasil belajar siswa, memfasilitasi pelaksanaan ujian siswa, dan mengarsipkan dokumen siswa maupun alumni. (2) Dalam melaksanakan bentuk-bentuk pelayanan akademik untuk siswa, tata usaha MAN 7 Jombang menerapkan fungsi manajemen sesuai teori yang dikemukakan oleh G. R Terry maliputi: perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating), dan pengawasan (controlling). (3) Manajemen tata usaha dalam pelayanan akademik siswa yang dilakukan oleh MAN 7 Jombang didukung dengan prasarana serta penggunaan teknologi informasi yaitu Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Website Madrasah PPDB, Aplikasi Rapor Digital Madrasah (RDM), dan EMIS. Dengan demikian pelayanan dapat terlaksana secara efektif dan efisien.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Alifiyah Puspita Al Gholaini |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 07:18 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 07:18 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6283 |
Actions (login required)
View Item |