Majid, Fitri Amalia (2022) Evaluasi Program Kelas Dalam meningkatkan Mutu Pendidikan Di MTsN Kota Madiun. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92400719001_prabab.pdf Download (684kB) |
|
Text
92400719001_bab1.pdf Download (362kB) |
|
Text
92400719001_bab2.pdf Download (468kB) |
|
Text
92400719001_bab3.pdf Download (431kB) |
|
Text
92400719001_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
92400719001_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) |
|
Text
92400719001_bab6.pdf Download (353kB) |
|
Text
92400719001_daftarpustaka.pdf Download (258kB) |
|
Text
92400719001_suratpernyataan.pdf Download (310kB) |
Abstract
ABSTRAK FITRI AMALIA MAJID, 2021, Evaluasi Program Kelas Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MTsN Kota Madiun, Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana, IAIN Kediri, Dosen Pembimbing: 1. Dr. Mukhammad Abdullah, M. Ag, 2. Dr. Iskandar Tsani, M. Pd. Kata Kunci : Evaluasi Program Kelas, Evaluasi context, Evaluasi input, Evaluasi process, Evaluasi product Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi program kelas di MTsN Kota Madiun dengan pendekatan evaluasi CIPP. Focus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana evaluasi konteks program kelas di MTsN Kota Madiun, (2) Bagaimana evaluasi input program kelas di MTsN Kota Madiun, (3) Bagaimana evaluasi proses program kelas di MTsN Kota Madiun, (4) Bagaimana evaluasi produk program kelas di MTsN Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian evaluasi (evaluative research) dengan model pendekatan penelitian Evaluasi CIPP. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi langsung, observasi dokumentasi. Langkah-langkah teknik analisis data yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) evaluasi konteks program kelas di MTsN Kota Madiun secara umum mengacu pada program yang memfasilitasi peserta didik yang memiliki prestasi, bakat dan minat sehingga di asah dan diberikan materi yang lebih dan khusus untuk setiap kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik. Dengan tujuan untuk memberikan fasilitas serta mendalami kemampuan yang dimiliki peserta didik dan mencapai tujuan pendidikan yaitu peserta didik yang berkompeten dan berprestasi. (2) pada komponen evaluasi input program kelas MTsN Kota Madiun tentu memiliki kriteria peserta didik dan guru (SDM) yang berkaitan dengan pengembangan program kelas, guna mempermudah jalannya program kelas yang sesuai dengan klasifikasi program kelas dan disesuaikan dengan klasifikasi SDM yang berkecimbun dengan program kelas. Dengan demikian tidak semua dapat bergabung dengan program kelas karena ada kualifikasi tertentu yang ditentukan oleh madrasah dalam input peserta didik dan guru untuk menyampaikan materi khusus program kelas. (3) pada komponen evaluasi proses, MTsN Kota Madiun menggunakan kurikulum 2013 tetap pada pembelajaran pagi sesuai dengan anjuran DIKNAS dan menggunakan kurikulum program kelas yang telah disusun oleh pihak sekolah, akan tetapi yang menjadi catatan peneliti adalah RPP penunjang materi program kelas belum tersusun secara rapi, agar memudahkan pengajar dan peserta didik dalam mencapai tujuan akhir program kelas dan dapat dijadikan sebagai acuan pengembangan program kelas di MTsN Kota Madiun. (4) pada komponen evaluasi produk, program kelas telah dapat menyesuaikan prestasi peserta didik yaitu akademik dan non akademik. Jika dilihat dari observasi dokumen atau data sekolah, peserta didik program kelas dapat bersaing dan menyeimbangkan tugas sekolah pagi dan tugas tambahan serta materi tambahan program kelas, sehingga tidak ditemukan kesulitan peserta didik dalam mengikuti program kelas. Dan peserta didik program kelas menciptakan berbagai hasil karya sesuai dengan program kelas yang mereka ikuti, sehingga dapat menjadikan icon sekolah atau madrasah menjadi lebih baik dan dapat meningkatkan mutu pendidikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Fitri Amalia Majid |
Date Deposited: | 20 Sep 2022 07:05 |
Last Modified: | 20 Sep 2022 07:05 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6261 |
Actions (login required)
View Item |