Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Pembelajaran Efektif Di SMP Negeri 1 Ngronggot Kabupaten Nganjuk

Ndari, Wulan (2022) Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Pembelajaran Efektif Di SMP Negeri 1 Ngronggot Kabupaten Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932128617_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932128617_bab1.pdf

Download (233kB)
[img] Text
932128617_bab2.pdf

Download (316kB)
[img] Text
932128617_bab3.pdf

Download (49kB)
[img] Text
932128617_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text
932128617_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
932128617_bab6.pdf

Download (98kB)
[img] Text
932128617_daftarpustaka.pdf

Download (38kB)
[img] Text
932128617_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)

Abstract

ABSTRAK WULAN NDARI, Dosen Pembimbing Dr. Fartika Ifriqia, M.Pd dan Nurul Dwi Lestari, M.pd, Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Pembelajaran Efektif Di SMP Negeri 1 Ngronggot Kabupaten Nganjuk, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata kunci: Kreativitas Guru, Pembelajaran Efektif. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kreativitas guru yang diperlukan dalam proses pembelajaran agar menarik dan menyenangkan. Proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dapat meningkatkan minat belajar siswa, sehingga siswa paham mengenai materi yang disampaikan dan mendapat hasil yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan 1) metode pembelajaran guru pendidikan agama islam untuk mewujudkan pembelajaran efektif di SMPN 1 Ngronggot, 2) pemilihan media pembelajaran guru pendidikan agama islam untuk mewujudkan pembelajaran efektif di SMPN 1 Ngronggot, 3) pemanfaatan sumber belajar guru pendidikan agama islam untuk mewujudkan pembelajaran efektif di SMPN 1 Ngronggot. Jenis penelitian ini ada penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan prosedur ketekunan pengamatan dan triangulasi. Sedangkan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) metode pembelajaran yang digunakan guru pendidikan agama islam yaitu metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab, metode talking stick, metode demonstrasi, metode kuis dan metode dadu game. Penggunaan metode pembelajaran disesuaikan dengan keadaan siswa, materi pelajaran yang di bahas dan penguasaan terkait metode pembelajaran yang digunakan. 2) pemilihan media pembelajaran guru pendidikan agama islam yaitu media ranting pohon, media miniatur ka’bah, media LCD proyektor, dan media potongan kertas berisi ayat alqur’an. Pemilihan media pembelajaran disesuaikan denga isi materi, tujuan pembelajaran, karakteristik siswa dan biaya dalam pembatan media pembelajaran. 3) pemanfaatan sumber belajar guru pendidikan agama islam yaitu modul PAI, buku paket PAI, buku tuntunan sholat, internet, perpustakaan dan masjid. Sumber belajar tidak hanya dari buku bisa dari pengalaman orang lain atau terjadinya suatu peristiwa. Sumber belajar berupa orang melalui ekstrakulikuler majlis ta’lim yang mendatangkan narasumber dari pondok pesantren, selain itu guru menjelaskan materi bisa dikaitkan dengan pengalaman pribadi atau pengalaman orang lain saat guru mengajar di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wulan Ndari
Date Deposited: 14 Sep 2022 04:49
Last Modified: 14 Sep 2022 04:49
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6200

Actions (login required)

View Item View Item