Pengembangan Media Flacaper (Flash Card Perkalian) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotut Tholabah Kabupaten Kediri

Koesari, Nina Wida (2022) Pengembangan Media Flacaper (Flash Card Perkalian) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotut Tholabah Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932607718_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932607718_bab1.pdf

Download (418kB)
[img] Text
932607718_bab2.pdf

Download (238kB)
[img] Text
932607718_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text
932607718_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932607718_bab5.pdf

Download (128kB)
[img] Text
932607718_daftar_pustaka.pdf

Download (177kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah kondisi yang mana seharusnya pada siswa kelas 3 SD/MI sudah dapat menguasai materi operasi hitung perkalian, dikarenakan materi ini sudah dipelajari sejak kelas 2 SD/MI. Sehingga dari kondisi tersebut peneliti tertarik untuk mengembangkan inovasi dari media pembelajaran bernama FLACAPER (Flash Card Perkalian). Penelitian ini dilakukan di sebuah MI bernama MI Roudlotut Tholabah Kabupaten Kediri. Pengembangan media ini dikembangkan menggunakan model pengembangan yang mengacu pada sebuah rancangan penelitian dan pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Jenis data diperoleh melalui proses pengembangan dan kelayakan media pengembangan meliputi data kualitatif yang diperoleh melalui hasil wawancara dan data kuantitatif yang diperoleh dari skor penilaian dari hasil validasi, repon peserta didik, respon guru, hasil belajar, dan data hasil uji validitas maupun reliabilitas soal pre-test post-test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media FLACAPER (Flash Card Perkalian) dapat meningkatkan hasil belajar dengan dengan hasil akhir menunjukkan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 baik dari kelompok kecil 0,011 < 0,05 maupun kelompok besar 0,016 < 0,05. Yang artinya bahwa penilaian hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media . FLACAPER (Flash Card Perkalian).

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nina Wida Koesari
Date Deposited: 13 Sep 2022 07:16
Last Modified: 13 Sep 2022 07:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6155

Actions (login required)

View Item View Item