Labib, M. Dihqom (2022) Pembiasaan Sikap Wasathiyah Santri Madrasah Hidayatul Mubtadi'in Pondok Pesantren Lirboyo. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92101820009_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
92101820009_bab 1.pdf Download (478kB) |
|
Text
92101820009_bab 2.pdf Download (347kB) |
|
Text
92101820009_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
|
Text
92101820009_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (939kB) |
|
Text
92101820009_bab 5.pdf Download (338kB) |
|
Text
92101820009_daftarpustaka.pdf Download (220kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pembiasaan Sikap Wasathiyah, Santri, Pendidikan, Radikal. Sikap wasathiyah merupakan hal yang sangat penting untuk ditanamkan kepada seluruh masyarakat, terutama pada santri. Madrasah Hidayatul Mubtadi’in Pondok Pesantren Lirboyo merupakan salah satu dari lembaga pendidikan yang memberikan penguatan sikap wasathiyah terhadap santri melalui beberapa program pembelajaran yang telah diterapkan. Hal ini untuk memberikan pemahaman santri agar tidak bertindak radikal dan liberal yang mungkin saja terdapat kitab yang menjelaskan materi-materi yang mengarah ke paham radikalisme dan liberalisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian berupa studi kasus dan penelitian lapangan (Study Case dan Field Research). Pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi secara mendalam. Ketiga metode pengumpulan tersebut tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lain yang berguna untuk saling menguatkan di antara data yang diperoleh. Hasil Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang berkaitan dengan pembiasaan sikap wasathiyah santri Madrasah Hidayatul Mubtadi’in Pondok Pesantren Lirboyo yang meliputi tujuan dari pembiasaan ini adalah agar santri memiliki sikap moderat, sehingga apabila santri berdakwah di masyarakat, santri akan mudah diterima dengan sikap moderat yang telah dimiliki. Strategi pembiasaan sikap wasathiyah melalui pengadaan kurikulum Ma’had Aly program studi fiqih kebangsaan, metode pembelajaran pembiasaan sikap wasathiyah, rekrutmen pendidik dan pengurus yang bersikap moderat, pemilihan bahan ajar sebagai teori penguat dari sikap wasathiyah, sosialisasi dan pelatihan. Kemudian evaluasi pembiasaan sikap wasathiyah oleh pihak pondok pesantren yang dibantu oleh organisasi mikro dari alumni pondok pesantren.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M. DIHQOM LABIB |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 06:08 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 06:08 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6153 |
Actions (login required)
View Item |