Metode Baghdadiyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa Di SMP ISLAM AL-AZHAR Kediri

Rofi'i, Ahmad (1996) Metode Baghdadiyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa Di SMP ISLAM AL-AZHAR Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932136515_prabab.pdf

Download (861kB)
[img] Text
932136515_bab1.pdf

Download (304kB)
[img] Text
932136515_bab2.pdf

Download (643kB)
[img] Text
932136515_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
932136515_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB)
[img] Text
932136515_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
932136515_bab6.pdf

Download (173kB)
[img] Text
932136515_daftarpustaka.pdf

Download (858kB)
[img] Text
932136515_suratpernyataan.pdf

Download (275kB)

Abstract

AHMAD ROFI’I, Dosen Pembimbing Dr. Iskandar Tsani, M.Ag dan Novi Rosita Rahmawati, M.Pd : Efektifitas Metode Baghdadiyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Di SMP Islam Al-Azhar Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN KEDIRI, 2022. Kata Kunci: Metode Baghdadiyah, Kemampuan Membaca Al-Qur'an. Al-Qur'an merupakan pedoman yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, oleh sebab itu kita sebagai umatnya memiliki kewajiban untuk meyakininya dengan cara mempelajari kitab tersebut, baik dengan cara membaca maupun menulis. Sedangkan jika dilihat dari fenomena sekarang dengan adanya perkembangan teknologi minat membaca Al-Qur'an seorang muslim sedikit menurun, sehingga kemampuan peserta didik dalam membaca Al-Qur'an pun juga ikut menurun. Untuk memperbaiki hal tersebut perlu adanya sebuah metode yang baik agar proses belajar mengajar membaca Al-Qur'an bisa berjalan dengan mudah dan dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an pada peserta didik. Adapun permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimana pelaksanaan metode Baghdadiyah di SMP Islam Al-Azhar Kediri?, 2) Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur'an siswa di SMP Islam Al-Azhar Kediri dengan menggunakan metode Baghdadiyah?. Kemudian tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pelaksanaan metode Baghdadiyah di SMP Islam Al-Azhar Kediri,2) Untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur'an siswa di SMP Islam Al-Azhar Kediri dengan menggunakan metode Baghdadiyah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus, dengan mengambil latar di SMP Islam Al-Azhar Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga cara: Satu, melakukan reduksi data. Dua, menyajikan data. Tiga, menyimpulkan data. Dan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Proses pelaksanaan metode Baghdadiyah dibagi menjadi beberapa tingkatan yaitu jilid 1-3 (tahap A, B, dan C), Juz 'amma, Al-Qur'an, Ghorib (ghorib A dan B), Tajwid, dan Pasca. Untuk evaluasi dilakukan dengan dua tahap yaitu evaluasi dengan guru kelas dan evaluasi dengan ketua TPQ atau koordinator TPQ, 2) Kemampuan membaca Al-Qur'an dengan menggunakan metode Baghdadiyah siswa sudah dikatakan mampu dalam membaca Al-Qur'an dengan lancar dengan persentase 30% siswa sangat lancar, 45% siswa lancar dan 25% siswa kurang lancar. Mampu membaca Al-Qur'an dengan tepat tajwidnya dengan prosentase sekitar 30% sangat tepat, 45% tepat dan 25% kurang tepat. Mampu membaca Al-Qur'an dengan fasih dengan persentase 30% sangat fasih, 45% fasih dan 25% kurang fasih.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: AHMAD ROFI`I
Date Deposited: 09 Sep 2022 07:48
Last Modified: 09 Sep 2022 07:48
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6086

Actions (login required)

View Item View Item