Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Mata Pelajaran Ipa Untuk Peserta Didik Kelas 5A MIS Al-Hikmah Ketami

Badi'ah, Zahrotul (0022) Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Mata Pelajaran Ipa Untuk Peserta Didik Kelas 5A MIS Al-Hikmah Ketami. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932600118_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932600118_bab1.pdf

Download (472kB)
[img] Text
932600118_bab2.pdf

Download (565kB)
[img] Text
932600118_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text
932600118_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text
932600118_bab5.pdf

Download (339kB)
[img] Text
932600118_dafarpustaka.pdf

Download (338kB)
[img] Text
932600118_suratpernyataan.pdf

Download (195kB)

Abstract

Permasalahan pada MIS Al Hikmah Ketami ketika proses pembelajaran berlangsung peserta didik menjadi tidak fokus dan merasa bosan, khususnya peserta didik kelas 5A. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran berupa media audio visual sebagai alternatif penyampaian materi dan (2) analisis kelayakan media audio visual yang telah dikembangkan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan yang mengacu pada model penelitian Lee & Owen. Produk yang dikembangkan berdasarkan penelitian awal yaitu media audio visual bagi kelas 5 SD/MI yang memuat tentang materi IPA sistem pernapasan pada manusia. Subjek dari penelitian ini yaitu subjek uji coba dari para validator ahli media dan validator ahli materi, serta subjek uji coba lapangan bersama peserta didik dalam kelompok kecil yang terdiri dari 10 anak dan uji coba kelompok besar yang terdiri dari seluruh peserta didik kelas 5A. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Yang digunakan untuk menentukan kevalidan suatu produk media yang dikembangkan kemudian data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) pengembangan media audio visual pada uji coba kelompok kecil media audio visual termasuk dalam kategori sangat layak, kemudian pada uji coba kelompok besar media audio visual termasuk dalam kategori sangat layak. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan analisis kelayakan. (2) uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 87,7% sedangkan uji coba kelompok besar memperoleh persentase sebesar 89,4% Dengan demikian media audio visual sangat layak digunakan oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zahrotul Badi'ah
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:11
Last Modified: 12 Sep 2022 08:11
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6029

Actions (login required)

View Item View Item