Sari, Andika (2022) Peran Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Menurut Perspektif Islam (Studi Kasus Pada Distributor Jilbab "Khaira Hijab" Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931302718_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
931302718_bab1.pdf Download (448kB) |
|
Text
931302718_bab2.pdf Download (386kB) |
|
Text
931302718_bab3.pdf Download (183kB) |
|
Text
931302718_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (484kB) |
|
Text
931302718_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
|
Text
931302718_bab6.pdf Download (163kB) |
|
Text
931302718_daftarpustaka.pdf Download (169kB) |
|
Text
931302718_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (858kB) |
|
Text
931302718_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (181kB) |
Abstract
Strategi dalam bisnis menjadi sangat penting untuk dilakukan guna mencapai sasaran dan tujuan yang diinginkan secara efektif dan efisien. Salah satu strategi tersebut adalah strategi promosi yang memuat alat-alat promosi seperti periklanan, penjualan perseorangan, publisitas, promosi penjualan dan pemasaran langsung. Tujuan utama dari strategi promosi yang dilakukan adalah untuk mengenalkan produk yang dijual kepada masyarakat luas. Distributor jilbab Khaira Hijab merupakan usaha yang bergerak dibidang perdagangan jilbab yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan penelitian ini ada tiga yakni (1) mengetahui strategi promosi yang dilakukan oleh distributor jilbab Khaira Hijab (2) mengetahui peran strategi promosi distributor jilbab Khaira Hijab dalam meningkatkan penjualan (3) mengetahui strategi promosi distributor jilbab Khaira Hijab dalam meningkatkan penjualan menurut perspektif Islam. Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian berasal dari sumber data primer yakni dengan wawancara dan observasi, serta sekunder dengan dokumentasi. Analisis data melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dalam meningkatkan penjualannya Khaira Hijab menggunakan strategi promosi yakni penjualan perseorangan dengan membuka toko offline dan penempatan tim penjualan, promosi penjualan dengan pemberian diskon dan hadiah serta promosi melalui media sosial yaitu Facebook dan Instagram, serta mengunakan pola kemitraan untuk memperluas jaringan distribusi produk. (2) strategi promosi yang diterapkan memiliki peran dalam meningkatkan volume penjualan, meningkatkan omzet usaha dan menciptakan jaringan-jaringan baru yang saling menguntungkan. (3) pandangan Islam mengenai stategi promosi distributor jilbab Khaira Hijab dalam meningkatkan volume penjualan adalah boleh (jaiz), sebab dalam melakukan promosi Khaira Hijab menyampaikan informasi dengan benar/jujur sehingga tidak menimbulkan kerugian bagi orang lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Andika Sari |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 06:44 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 06:44 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6026 |
Actions (login required)
View Item |