Nurlaili, Irza Fitria (2022) Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Higher Order Thinking Skill (Hots) Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII Di Mtsn 9 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932102618_prabab.pdf Download (856kB) |
|
Text
932102618_bab 1.pdf Download (439kB) |
|
Text
932102618_bab 2.pdf Download (695kB) |
|
Text
932102618_bab 3.pdf Download (9MB) |
|
Text
932102618_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932102618_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
|
Text
932102618_bab 6.pdf Download (188kB) |
|
Text
932102618_daftarpustaka.pdf Download (196kB) |
|
Text
932102618_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
|
Text
932102618_suratpernyataan.pdf Download (934kB) |
Abstract
ABSTRAK Nurlaili, Irza Fitria. 2022. Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII di MTsN 9 Nganjuk. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Negeri, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Ninik Zuroidah, M.Si, dan (2) Intan Nuyulis Naeni Puspita Sari, M.Pd.I Kata Kunci: Instrumen Tes, Fikih, Higher Order Thinking Skill (HOTs) Penelitian ini dilatar belakangi oleh misi meningkatkan mutu pendidikan dengan melatih peserta didik agar memiliki kemampuan berfikir tingkat tinggi. Salah satu upayanya adalah memberikan instrument tes berbasis higher order thinking skill dalam mengevaluasi hasil belajar siswa. Misi tersebut dapat berjalan dengan lancar apabila soal-soal disusun berdasarkan prosedur yang benar. Dalam hal ini peneliti mengembangkan soal tes pada mata pelajaran fikih berbasis higher order thinking skill di MTsN 9 Nganjuk. Dengan tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui prosedur pengembangan instrument tes berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada mata pelajaran Fikih kelas VIII di MTsN 9 Nganjuk (2)Melakukan uji validasi produk guna mengetahui efektivitas penggunaan instrument tes berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada mata pelajaran Fikih kelas VIII di MTsN 9 Nganjuk Berdasarkan lokasi sumber datanya, penelitian ini termasuk kategori penelitian lapangan. Jika penelitian ini ditinjau dari segi sifat data maka penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dan kuantitatif. Jika ditinjau dari tujuan penelitiannya, penelitian ini termasuk kategori penelitian dan pengembangan (Research and Development). Teknik pengumpulan data dengan instrumen penelitian berupa angket. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan mencocokkan hasil data kuantitatif dengan pedoman interpretasi kriteria kelayakan soal tes. Hasil penelitian dan pengembangan yaitu, (1) Proses pengembangan instrument tes pada mata pelajaran fikih semester genap ini terdiri dari tiga tahapan yakni: a) tahap pendefinisian (define), b) tahap perancangan (design), c) tahap pengembangan (develop) dan d) tahap penyebaran (disseminate). (2) Produk yang dihasilkan dari proses penelitian dan pengembangan berupa instrumen tes pada mata pelajaran fikih semester genap kelas VIII berbasis higher order thinking skill di MTsN 9 Nganjuk ini dinyatakan layak digunakan dan diimplementasikan berdasarkan hasil uji validitas isi, validitas konstruk dan reliabilitas. Hasil dari analisis hasil uji validasi menunjukkan persentase 92,6% dengan kategori sangat layak dan dapat diimplementasikan. Serta hasil perhitungan instrument tes per
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Irza Fitria Nurlaili |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 07:41 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 07:41 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6019 |
Actions (login required)
View Item |