Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA Ma'arif Udanawu Blitar

Alhidayah, Nuril Laila (2022) Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA Ma'arif Udanawu Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932123818_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
93123818_bab1.pdf

Download (251kB)
[img] Text
932123818_bab2.pdf

Download (508kB)
[img] Text
932123818_bab3.pdf

Download (167kB)
[img] Text
932123818_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img] Text
932123818_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
932123818_bab6.pdf

Download (118kB)
[img] Text
93123818_daftarpustaka.pdf

Download (142kB)
[img] Text
932123818_suratpernyataan.pdf

Download (311kB)

Abstract

NURIL LAILA ALHIDAYAH, Dosen pembimbing Bapak Dr. H. Ali Anwar, M.Ag dan Bapak Agus Dwi Santosa, M.Pd. Strategi Pembelajaran aktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA Ma’arif Udanawu Blitar, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Kediri, 2022 Kata Kunci: Strategi Pembelajaran aktif, Motivasi, Hasil belajar. Strategi pembelajaran adalah cara kerja sistematis yang memudahkan pelaksanaan pembelajaran berupa penerapan langkah-langkah konkret agar terjadi proses pembelajaran yang efektif dan dapat mencapai tujuan tertentu seperti perubahan positif terhadap siswa. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MA Ma’arif Udanawu Blitar. (2) Bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MA Ma’arif Udanawu Blitar. (3) Bagaimana evaluasi penerapan strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MA Ma’arif Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitian ini yaitu data primer (Waka kurikulum madrasah, guru akidah akhlak, siswa MA Ma’arif Udananwu Blitar) serta data sekunder (Profil madrasah, visi, misi dan tujuan madrasah, dokumentasi dari kegiatan observasi di lapangan yang berkaitan dengan pelaksanaan strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran akidah akhlak). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjang pengamatan, kepercayaan (ketekunan pengamatan) dan triangulasi. Hasil penelitian. Pertama, dalam perencanaan strategi pembelajaran aktif para guru melakukan rapat untuk menyiapkan media yang menarik dan perangkat pembelajaran seperti RPP. Kedua, pelaksanaan strategi pembelajaran aktif terdapat beberapa kegiatan meliputi kegiatan pendahuluan dan kegiatan inti yaitu pelaksanakan Everyone Is A Teacher Here, Problem Based Learning, Team Games Tournament. Ketiga, evaluasi dalam penerapan strategi pembelajaran aktif siswa mengalami peningkatan pada aspek keaktifan, nilai dan motivasi, karena strategi ini membuat siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nuril Laila Alhidayah
Date Deposited: 18 Nov 2022 07:23
Last Modified: 18 Nov 2022 07:23
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6015

Actions (login required)

View Item View Item