Rahmawati, Dinda Dwi (2022) Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Students Team Achievement Division) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di Kelas XI IPS 3 SMAN 2 Pare. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932100718_prabab.pdf Download (13MB) |
|
Text
932100718_bab1.pdf Download (13MB) |
|
Text
932100718_bab2.pdf Download (13MB) |
|
Text
932100718_bab3.pdf Download (13MB) |
|
Text
932100718_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
|
Text
932100718_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
|
Text
932100718_bab6.pdf Download (13MB) |
|
Text
932100718_daftarpustaka.pdf Download (13MB) |
|
Text
932100718_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
|
Text
932100718_SuratPernyataan.pdf Download (115kB) |
Abstract
ABSTRAK DINDA DWI RAHMAWATI, Dosen Pembimbing Drs. Moh. Irfan Burhani, M.Psi, dan Nila Zaimatus Septiana, M.Pd, Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Di Kelas XI IPS 3 SMAN 2 Pare, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci : Hasil Belajar, STAD, Pendidikan Agama Islam Hasil belajar adalah nilai yang diperoleh siswa setelah mereka menyelesaikan pengalaman belajar. Kelas XI IPS 3 pada mata pelajaran PAI selalu mendapatkan nilai ulangan harian yang rendah dibandingkan kelas lain. Hal ini dikarenakan guru selalu menggunakan metode ceramah pada setiap materi. Sehingga monoton dan membuat siswa bosan. Hal ini berdampak pada kurang fahamnya siswa sehingga mempengaruhi pada hasil belajar PAI. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa di kelas XI IPS 3 SMAN 2 Pare Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMAN 2 Pare tahun pelajaran 2021/2022 pada siswa kelas XI IPS 3 yang berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun Teknik pengumpulan data yakni dengan tes, lembar observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan analisis data menggunakan perbandingan rata-rata nilai pra siklus, siklus I, siklus II dan presentase ketuntasan klasikal pada pra siklus, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus hasil belajar PAI siswa kelas XI IPS 3 yakni rata-rata 74,69, terdapat 19 siswa tuntas dan 16 siswa tidak tuntas dengan presentase ketuntasan kelas 54%. Hal ini membuktikan bahwa pada pra siklus hasil belajar siswa belum maksimal. Setelah diadakannya siklus I diperoleh rata-rata hasil belajar 80,8, terdapat 25 siswa tuntas dan 10 siswa tidak tuntas dengan presentase ketuntasan yakni 71%. Pada tahap siklus II hasil belajar siswa meningkat dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai, nilai rata-rata hasil belajar siklus II yakni 92,9, terdapat 33 siswa tuntas dan 2 siswa tidak tuntas dengan presentase ketuntasan kelas yakni 94%. Pada tahap siklus II ini hasil belajar sudah sangat baik dan sudah memenuhi kriteria ketuntasan kelas yakni 85%. Dari analisa diatas dapat dipahami bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas XI IPS 3 SMAN 2 Pare.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dinda Dwi Rahmawati |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 07:43 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 07:43 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6011 |
Actions (login required)
View Item |