Purnomo, M. Wiji (2018) Peranan Marketing Mix dan Brand Image dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Studi Kasus di PT BPRS Tanmiya Artha Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92500116008-prabab.pdf Download (5MB) |
|
Text
92500116008-bab1.pdf Download (448kB) |
|
Text
92500116008-bab2.pdf Download (415kB) |
|
Text
92500116008-bab3.pdf Download (106kB) |
|
Text
92500116008-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) |
|
Text
92500116008-bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) |
|
Text
92500116008-bab6.pdf Download (157kB) |
|
Text
92500116008-dafpus.pdf Download (268kB) |
Abstract
PT BPRS Tanmiya Artha Kediri adalah bank pembiayaan rakyat berbasis syariah di Kediri yang menerapkan marketing mix (bauran pemasaran) dan juga memegang teguh brand image (citra merek) yang berkembang. Bank pembiyaan syariah ini menawarkan produk perbankan syariah dan dinilai dapat mempertahankan keeksistensiannya dalam perkembangan bank pembiayaan rakyat syariah di Kediri yang memiliki kultur agama Islam yang relatif besar dengan latar belakang pertanian dan industri yang cukup membuat perkembangan Bank Umum Syariah (BUS) dan Unit Usaha Syariah (UUS) berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui marketing mix (bauran pemasaran), brand image (citra merek) PT BPRS Tanmiya Artha, jumlah nasabah di PT BPRS Tanmiya Artha serta peranan marketing mix dan brand image dalam meningkatkan jumlah nasabah PT BPRS Tanmiya Artha di Kediri. Pada penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan analisis diskriptif yaitu analisis yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dengan metode yang telah ditentukan. Data tersebut dianalisis dengan pola pikir induktif, yaitu pola pikir yang berpijak pada fakta-fakta yang bersifat khusus kemudian diteliti, dianalisis dan disimpulkan sehingga pemecahan masalah tersebut dapat berlaku secara umum. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa marketing mix dan brand image di PT BPRS Tanmiya Artha Kediri mempunyai peranan yang penting dalam membentuk pola fikir nasabah atau masyarakat sebagai konsumen dengan berorientasi kepada kebutuhan dan keinginan nasabah, dapat menjaga, memenuhi dan menjembatani kepentingan nasabah, terdapat banyak pilihan produk yang berbasis syari’ah, pemilihan kebijakan harga yang sesuai, ada bonus potongan, tempat yang strategis dan nyaman, melakukan promosi ke pasar (area publik), kemudian menggunakan relasi, menyebar brosur, proses yang mudah, senantiasa menjaga citra produk dan citra perusahaan, meningkatkan profesionalime lembaga keuangan yang benar-benar syariah, akuntabel, transparan, serta memberikan komitmen pelayanan yang baik dan konsisten agar citra atau image tetap baik, sehingga merek (brand) atau pun perusahaan memiliki citra yang baik. Semua ini merupakan upaya yang dilakukan PT BPRS Tanmiya Artha Kediri sebagai bentuk peranan nyata dari maketing mix dan brand image PT BPRS Tanmiya Artha Kediri agar masyarakat dapat tertarik dan bergabung menjadi nasabah PT BPRS Tanmiya Artha Kediri sehingga jumlah nasabah PT BPRS Tanmiya Artha Kediri dapat meningkat.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 21 Aug 2019 05:26 |
Last Modified: | 21 Aug 2019 05:26 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/600 |
Actions (login required)
View Item |