Auliana, Rafita Dila (2022) Pengembangan Media Interaktif Bang Sitar Math Berbasis Pendekatan Kontekstual Sebagai Pendukung Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII H Di MTsN 2 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932310418_prabab.pdf Download (705kB) |
|
Text
932310418_bab1.pdf Download (516kB) |
|
Text
932310418_bab2.pdf Download (429kB) |
|
Text
932310418_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (585kB) |
|
Text
932310418_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932310418_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
|
Text
932310418_daftarpustaka.pdf Download (358kB) |
|
Text
932310418_suratpernyataan.pdf Download (146kB) |
Abstract
ABSTRAK RAFITA DILA AULIANA, Dosen Pembimbing Nur Fadilatul Ilmiyah, M. Si, dan Muhammad Khoiril Akhyar, M. Pd, Pengembangan Media Interaktif Bang Sitar Math Berbasis Pendekatan Kontekstual Sebagai Pendukung Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII H Di MTsN 2 Kediri, Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci: Media Pembelajaran. PPT Perkembangan zaman yang semakin pesat berdampak kepada banyaknya inovasi barang elektronik yang dihasilkan sehingga fungsi yang didapatkan juga semakin beragam. Barang elektronik seperti smartphone, Liquid Crystal Display (LCD) proyektor, Personal Computer (PC), dan laptop yang mana manfaat barang tersebut dapat dikembangkan untuk menunjang bidang pendidikan. Salah satu penerapan gaya belajar abad ke 21 dengan menggunakan media pembelajaran berbasis android. Media pembelajaran berbasis android adalah salah satu media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan sebagai pendamping LKS dan buku paket. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran berbasis aplikasi android dengan judul Bang Sitar Math pada materi bangun ruang sisi datar dengan sasaran siswa kelas VIII. Aplikasi dikembangkan dengan menggunakan microsoft power point dengan menerapkan model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap pokok, yaitu Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrument yang dipergunakan dalam penelitian ini meliputi lembar validasi ahli materi dan media, angket praktisi lapangan, angket respon siswa, dan soal post test untuk siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kevalidan produk adalah valid dengan presentase 71,87% berdasarkan ahli media dan 83,83% berdasarkan ahli materi. Tingkat kepraktisan produk adalah 96,87% yang mana presentase tersebut masuk dalam kategori sangat praktis menurut praktisi lapangan dan memperoleh skor 90,03% yang mana masuk pada kategori sangat praktis berdasarkan angket respon siswa. Berdasarkan hasil uji coba, media dikatakan efektif karena 85,18% peserta didik mendapat nilai di atas KKM. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Bang Sitar Math memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Rafita Dila Auliana |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 03:06 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 03:06 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5980 |
Actions (login required)
View Item |