Firmanda, Erik (2022) Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Di MI Arrahmah Purwotengah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933513118_Prabab.pdf Download (584kB) |
|
Text
933513118_Bab1.pdf Download (160kB) |
|
Text
933513118_Bab2.pdf Download (234kB) |
|
Text
933513118_Bab3.pdf Download (170kB) |
|
Text
933513118_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (693kB) |
|
Text
933513118_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
|
Text
933513118_Bab6.pdf Download (65kB) |
|
Text
933513118_Daftarpustaka.pdf Download (127kB) |
|
Text
933513118_suratpernyataan.pdf Download (111kB) |
Abstract
Erik Firmanda, 933513118, Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa di MI Arrahmah Purwotengah, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri 2022, dosen pembimbing I Siti Amanah M.Si. Dosen pembimbing II Hj. Citra Orwela, S.Fil, M.I.Kom. Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Guru, Motivasi, Teori Communication Competence Komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang dilakukan antara individu satu dengan individu yang lainnya. Komunikasi interpersonal guru sangat penting sekali untuk memotivasi belajar siswa di MI Arrahmah purwotengah. Pada skripsi ini persoalan yang diangkat mencakup dua rumusan masalah yaitu bagaimana komunikasi interpersonal guru dalam memotivasi belajar siswa di MI Arrahmah purwotengah dan apa saja hambatan serta pendukung komunikasi interpersonal guru dalam memotivasi belajar siswa di MI Arrahmah purwotengah. Dalam penelitian ini untuk mengungkapkan persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam maka peneliti disini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan 5 orang guru sebagai informan dan dokumentasi. Untuk menganalisis temuan penelitian maka peneliti menggunakan Teori Communication Competence (Kompetensi Komunikasi) oleh Brian Spitzberg dan William Cupach. Teori ini menunjukan bahwa bagaimana cara seorang komunikator memilih perilaku komunikasi yang baik dan efektif dalam situasi tertentu. Teori ini mempunyai tiga komponen yaitu (pengetahuan), (keahlian), dan (motivasi). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi yang digunakan untuk memotivasi siswa yakni berupa komunikasi interpersonal yang bersifat persuasif, dimana guru menggunakan pendekatan-pendekatan yang efektif untuk mengarahkan dan membimbing siswa. Seperti yang ada dalam Teori Communication Competence (Kompetensi Komunikasi) bahwa guru berkomunikasi secara baik dan efektif saat situasi tertentu dengan adanya komponen yang tercipta seperti (Pengetahuan) guru mengetahui cara untuk berkomunikasi dengan siswa. (Keahlian) keahlian yang dimiliki guru akan kemampuan mengaplikasikan komunikasi. (Motivasi) guru mampu memberikan motivasi dengan cara memberikan bimbingan & pendampingan, bercerita, memberikan game & kuis, memberikan hadiah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Erik Firmanda |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 01:48 |
Last Modified: | 30 Sep 2022 02:32 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5916 |
Actions (login required)
View Item |