Saputro, Edi (2022) Implementasi Pembelajaran Kitab Fathul Qorib Untuk Peningkatan Pengetahuan Siswa Dalam Mata Pelajaran Fikih Di Kelas IX Mts Miftahul Jannah Ngawi”. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932112718_PRABAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
932112718_BAB I.pdf Download (510kB) |
|
Text
932112718_BAB II.pdf Download (312kB) |
|
Text
93212718_BAB III.pdf Download (412kB) |
|
Text
932112718_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) |
|
Text
932112718_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
|
Text
932112718_BAB VI.pdf Download (166kB) |
|
Text
932112718_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (388kB) |
|
Text
932112718_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi (2).pdf Download (274kB) |
Abstract
Strateginya guru fiqih untuk meningkatkan pengetahuan siswa dalam mata pelajaran fiqih di kelas IX MTs Miftahul Jannah yaitu dengan menjadikan kitab Fathul Qorib sebagai salah satu sumber rujukan/sumber bahan ajar dalam pembelajaran fiqih. Alasan menggunakan kitab Fathul Qorib untuk kelas IX ini dikarenakan kitab Fathul Qorib ini kitab yang komplit dan juga cocok untuk usia santri kelas 3 tsanawiyah karena bahasanya mudah, sederhana, gampang dipahami. Selain itu kelas IX ini dalam madrasah diniyahnya juga mempelajari kitab Fathul Qorib sehingga para siswa tidak kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran kitab fathul qorib ini. Keunikan pembalajaran kitab fathul qorib ini di mana kelengkapan maknaan kitab siswa serta kelancaraan siswa dalam membaca kitab Fathul Qorib saat ujian lian menjadi salah satu syarat siswa untuk bisa mengikuti ujian semester di kelas saat mata pelajaran fiqih. Hal tersebut melatarbelakangi peneliti untuk meneliti implementasi pemeblajaran kitab Fathul Qorib di di kelas IX MTs Miftahul Jannah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran kitab Fathul Qorib untuk meningkatkan pengetahuan siswa dalam mata pelajaran fiqih di kelas IX MTs Miftahul Jannah Ngawi. Dalam penelitian ini data yang diperoleh peneliti dari data primer dan sekunder yang diperoleh dari kepala madrasah, guru fiqih, uztadz pendamping kamar, dan juga siswa. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan cara pengumpulan data, reduksi data, serta menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu implementasi pembelajaran kitab Fathul Qorib untuk meningkatkan pengetahuan siswa dalam mata pelajaran fiqih di kelas IX MTs Miftahul Jannah melalui tiga tahapan: 1) Perencanaan, meliputi pemilihan materi dan pembuatan rancangan pembelajaran. 2) pelaksanaan, meliputi kegiatan pembukaan pembelejaran yang berupa do’a dan prsensi, tahapan inti pembelajaran yang berupa penyampaian materi dan diskusi serta Tanya jawab tentang materi, dan tahapan penutup berupa motivai serta do,a. 3) Evaluasi, kegiatan ini ada dua macam cara yaitu secara tertulis dan sera lsin. Secara tertulis menggunakan pertanyaan pada lembar soal sedangkan secara lisan dengan membaca kitab Fathul Qorib serta menjelaskan kemudian diberi pertanyaan. Hasil implementasi pembelajaran kitab Fathul Qorib yaitu mampu Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa terhadap materi fiqih yang dipelajari oleh para siswa, selain itu juga Meningkatkan hasil belajar siswa serta Meningatkan kemampuan membaca kitab kuning para siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Edi Saputro |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 08:37 |
Last Modified: | 05 Sep 2022 08:37 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5910 |
Actions (login required)
View Item |