Perbedaan Hasil Belajar Antara Metode Pembelajaran Edutaiment Dan Artikulasi Pada Mata Pelajaran SKI Kelas XI MIPA Di MAN 3 Kabupaten Kediri

Sa'adah, Ela Nadiatus (2022) Perbedaan Hasil Belajar Antara Metode Pembelajaran Edutaiment Dan Artikulasi Pada Mata Pelajaran SKI Kelas XI MIPA Di MAN 3 Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932110318_prabab.pdf

Download (359kB)
[img] Text
932110318_bab 1.pdf

Download (196kB)
[img] Text
932110318_bab 2.pdf

Download (224kB)
[img] Text
932110318_bab 3.pdf

Download (278kB)
[img] Text
932110318_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text
932110318_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text
932110318_bab 6.pdf

Download (59kB)
[img] Text
932110318_daftarpustaka.pdf

Download (94kB)
[img] Text
932110318_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text
Lembar_Pernyataan_Persetujuan_Publikasi.pdf

Download (188kB)

Abstract

Sa’adah, Ela Nadiatus. 2022. Perbedaan Hasil Belajar Antara Metode Pembelajaran Edutaiment dan Artikulasi Pada Mata Pelajaran SKI Siswa Kelas XI MIPA di MAN 3 Kabupaten Kediri, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, Pembimbing (1)Dr. Hj. Mu’awanah, M.Pd. dan Pembimbing (2)Choiru Umatin, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Edutaiment, Metode Artikulasi Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegelisahan akademik yang penulis temukan pada mata pelajaran SKI, yaitu ketika seorang pendidik akan memberikan pemahaman kepada peserta didiknya terkait materi yang dibahas, maka pendidik harus mempunyai startegi-strategi yang unik dan menarik untuk membuat peserta didik dapat memahami materi dengan baik. Karena pada mata pelajaran SKI ini membutuhkan banyak hafalan untuk bisa lebih memahami materi maka untuk itu metode pembelajaran yang menarik dan bervariasi akan dapat membantu pendidik dalam memhamkan materi pelajaran kepada peserta didiknya, terdapat banyak metode pembelajaran yang menari diantaranya metode pembelajaran Edutaiment dan Artikulasi yang dibahas dalam penelitian ini. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Menerapkan metode pembelajaran Edutaiment untuk mengetahui hasil belajar siswa (2) Menerapkan metode pembelajaran Artikulasi untuk mengetahui hasil belajar siswa (3) Menganalisis perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Edutaiment dan Artikulasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berupa quasi eksperiment (eksperimen semu) dengan desain Nonequivalent Control Group design, yaitu Posttest Only Control Grup Design, yang melibatkan siswa-siswi MAN 3 Kabupaten Kediri, yaitu kelas XI MIPA 3 yang berjumlah 25 orang sebagai kelompok Edutaiment dan kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 25 orang sebagai kelompok Artikulasi. Pengumpulan data menggunkan tes hasil belajar siswa dan analisis data menggunakan Mann Whitney U Test. Hasil dari penelitian ini diperoleh data sebagai berikut: rata-rata hasil belajar dengan metode Edutaiment sebesar 79,032 dan rata-rata hasil belajar dengan menggunkan metode Artikulasi sebesar 71, 040. Berdasarkan hasil analisis menggunakan Mann Whitney U Test menunjukkan nilai bahwa Asymp Sig.(2-tailed) sebesar 0,045 dengan nilai Alpha (0,05), (0,045 < 0,05) yang menunjukkan bahwa Asymp Sig.(2-tailed) (0,045) lebih besar dari nilai Alpha (0,05). Maka terdapat perbedaan rata-rata antara kelompok yang menggunakan metode pembelajaran Edutaiment dan kelompok yang menggunakan metode pembelajaran Artikulasi berkaitan dengan hasil belajar secara signifikan, sehingga H_a diterima dan H_0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar SKI yang menggunakan metode pembelajaran Edutaiment lebih unggul dibandingkan dengan hasil belajar SKI yang menggunkan metode Artikulasi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ela Nadiatus Sa'adah
Date Deposited: 07 Sep 2022 03:59
Last Modified: 07 Sep 2022 03:59
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5884

Actions (login required)

View Item View Item