Upaya Guru Al-Qur'an Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Berbasis Daring Di MTS Nurul Hidayah Lampung

Ni'mah, Khoirun (2022) Upaya Guru Al-Qur'an Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Berbasis Daring Di MTS Nurul Hidayah Lampung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
9321.304.16_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9321.304.16_bab1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9321.304.16_bab2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9321.304.16_bab3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9321.304.16_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
9321.304.16_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
9321.304.16_bab6.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9321.304.16_daftarpustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9321.304.16_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
9321.304.16_lembarpernyataan.pdf

Download (523kB)

Abstract

KHOIRUN NI’MAH, Dosen Pembimbing Dr. Iskandar Tsani, M.Pd dan Novi Rosita Dewi, M.Pd, Upaya Guru Al-Qur’an Hadist dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Berbasis Daring di Kelas VIII MTs Nurul Hidayah Lampung, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci: Upaya Guru Al-Qur’an Hadist, Motivasi Belajar, Pembelajaran Berbasis Daring Pembelajaran daring menjadi pilihan dalam dunia pendidikan, untuk tetap melaksanakan pembelajaran meskipun belajar di rumah. Salah satu langkah yang diambil oleh guru Al-Qur’an Hadist MTs Nurul Hidayah agar pembelajaran daring dapat berjalan dengan baik, yakni dengan meningkatkan motivasi belajar siswanya. Skripsi ini membahas tentang Upaya Guru Al-Qur’an Hadist dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Berbasis Daring di Kelas VIII MTs Nurul Hidayah. Fokus penelititan yang dibahas dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana upaya guru Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran berbasis daring siswa kelas VIII di MTs Nurul Hidayah? 2) Apa faktor pendukung upaya guru Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran berbasis daring siswa kelas VIII di MTs Nurul Hidayah? 3) Apa faktor penghambat upaya guru Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran berbasis daring siswa kelas VIII di MTs Nurul Hidayah? Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan lokasi penelitian di MTs Nurul Hidayah Tanggamus Lampung. Teknik pengumpulan data dengan melalui wawancara dan dokumentasi. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru Al-Qur’an Hadist, kepala sekolah, dan beberapa wali murid. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa, 1) Upaya yang dilakukan guru Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yakni dengan cara meningkatkan kualitas pembelajaran melalui media teknologi yang ada, menggunakan metode yang menarik, memaksimalkan fasilitas pembelajaran yang ada dan melakukan evaluasi pembelajaran. 2) Faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi adalah kemampuan guru mata pelajaran dalam mengembangkan metode pembelajaran, sehingga dapat menarik minat belajar siswa dan keterlibatan orang tua dalam memberikan motivasi dan memfasilitasi putra-putrinya selama mengikuti pembelajaran daring. 3) Faktor penghambat dalam meningkatkan motivasi adalah fisiologis dan psikologis Siswa, minat belajar masih rendah dan signal yang kurang mendukung.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040304 Hadith and Related Knowledge (Hadits dan Ilmu yang Berkaitan) > 2204030401 Ilmu Hadits (incl : Dirayah, Riwayah, Rijal Hadits, Jarah dan Ta’dil, Tabaqat al-Ruwat, Asbab Wurud, Nasikh dan Mansukh)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: khoirun ni'mah
Date Deposited: 05 Sep 2022 06:19
Last Modified: 05 Sep 2022 06:19
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5881

Actions (login required)

View Item View Item