'Iliyya, Qinaqorinatul (2022) Penggunaan Bahasa Arab Dan Bahasa Inggris Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Santri Pondok Pesantren Anwarul Haromain Trenggalek. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932136418_prabab.pdf Download (2MB) |
|
Text
932136418_bab1.pdf Download (428kB) |
|
Text
932136418_bab2.pdf Download (451kB) |
|
Text
932136418_bab3.pdf Download (316kB) |
|
Text
932136418_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) |
|
Text
932136418_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) |
|
Text
932136418_bab6.pdf Download (191kB) |
|
Text
932136418_daftar_pustaka.pdf Download (407kB) |
|
Text
932136418_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
932136418_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (133kB) |
Abstract
ABSTRAK „Iliyya, Qinaqorinatul. Dosen Pembimbing Dr. Wahidul Anam, M.Ag, dan Nila Lukmatus Syahida, M.Pd.I,. Penggunaan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Santri Pondok Pesantren Anwarul Haromain Trenggalek. Skripsi, Program Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. 2022. Kata kunci: Pesantren, Language Skills. Latar belakang penelitian ini adalah lembaga pendidikan pesantren yang mana tidak hanya menanamkan nilai-nilai budaya islam saja, namun juga meningkatkan kemajuan dalam bidang pendidikan dan kedisiplinannya, memperbaiki kualitas diri, dan kualitas sosial yakni dengan mengembangkan lingkungan berbahasa asing (arab-inggris). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik validasi dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Subjek penelitian ini adalah ketua pondok putri, pengurus BEST bagian bahasa (ALIF), dan beberapa santri pesantren Anwarul Haromain Trenggalek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan yaumul lughoh di Pondok Pesantren Anwarul Haromain dilakukan dengan disiplin baik didalam pesantren maupun dikelas saat sekolah formal. Kegiatan yang ada dalam pesantren pun berkorelasi dengan kompetensi para santri. Diantara kegiatan penunjang dalam penerapan bahasa asing yakni: Muhadhoroh (latihan pidato), kelas bahasa/penambahan kosakata, muhadatsah/conversation/percakapan, triwulan bahasa, dan mahkamah lughah. Dengan demikian, terbentuklah organisasi kebahasaan yang disebut ALIF (Al-Anwar Language Independent Family) sebagai penggembleng serta penanggung jawab penuh atas berjalan dan terlaksananya lingkungan kebahasaan asing tersebut. Oleh karena itu, keberadaan yaumul lughoh dan beberapa kegiatan yang digerakkan penuh oleh ALIF di dalam lingkungan pondok pesantren memiliki peranan yang sangat penting dalam mengembangkan kompetensi dan keterampilan berbahasa para santri sebagai bekal dalam menghadapi dunia modern dan global.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 200405 Language in Culture and Society (Sociolinguistics) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Qinaqorinatul Iliyya |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 03:28 |
Last Modified: | 06 Sep 2022 03:28 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5867 |
Actions (login required)
View Item |