Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Proses Pembelajaran Daring Di Masappandemi Covid-19 (Studi Kasus Di SMP Negeri 1 Kras)

Zamzami, Burhanudin ihsan (2020) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Proses Pembelajaran Daring Di Masappandemi Covid-19 (Studi Kasus Di SMP Negeri 1 Kras). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932108215_prabab.pdf

Download (711kB)
[img] Text
932108215_bab1.pdf

Download (70kB)
[img] Text
932108215_bab2.pdf

Download (97kB)
[img] Text
932108215_bab3.pdf

Download (85kB)
[img] Text
932108215_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932108215_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text
932108215_bab6.pdf

Download (36kB)
[img] Text
932108215_daftrapustaka.pdf

Download (48kB)
[img] Text
lembar pernyataan persetujuan.pdf

Download (391kB)

Abstract

ABSTRAK BURHANUDIN IHSAN ZAMZAMI, Dosen Pembimbing Dr. Iskandar Tsani, M.Ag, dan Nila Zaimatus Septiana, M.Pd.:Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Proses Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Kras). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, IAIN Kediri, 2020. Kata Kunci : Strategi Guru PAI, Pembelajaran Daring Keberhasilan suatu proses pembelajaran tidak bisa lepas dari peran guru, terlebih dengan peran guru yang melaksanakan pembelajaran yang tidak bisa lepas dari strategi pembelajaran. Guru merupakan instrumen penting dalam prosespembelajaran, karena guru berperan dalam proses bimbingan peserta didik. Terlebih dengan kondisi saat ini, proses pembelajaran menggalami perubahan akibat mewabahnya corona virus disease (Covid-19). Yang mengharuskan proses pembelajaran mau tidak mau dilaksanakan secara mandiri oleh siswa dirumah, namun tetap difasilitasi oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana strategi guru PAI dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Kras (2) Apa saja problematika yang dihadapi guru PAI dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Kras (3) Bagaimana upaya guru PAI dalam menghadapi problematika dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Kras Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Kras. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, guru-guru PAI dan siswa. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Dan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan mengadakan member checking. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Strategi guru PAI dalam prosespembelajaran daring di SMP Negeri 1 Kras dilakukan dengan berbagai cara diantaranya, strategi pembelajaran dilaksanakan dengan ceramah disertai dengan pemberian tugas, model pembelajaran dilakukan dengan memberikan materi, proses pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi pembelajaran (2) Problematika yang dihadapi guru PAI dalam proses pembelajaran daring, diantaranya yaitu kurang efektifnya proses pembelajaran, sulit mengontrol siswa, kurangnya motivasi siswa, siswa kurang antusias dalam proses pembelajaran dan proses evaluasi pembelajaran suli (3) Upaya guru PAI dalam menghadapi problematika pembelajaran daring, yaitu dengan mengikuti pelatihan-pelatihan baik yang dilaksanakan sekolah maupun dinas, serta guru-guru pendidikan agama Islam (PAI) menggunakan variasi dalam proses pembelajara.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Burhanudin Ihsan Zamzami
Date Deposited: 02 Sep 2022 03:23
Last Modified: 02 Sep 2022 03:23
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5866

Actions (login required)

View Item View Item