Amalina, Nurul (2022) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Nilai-Nilai Sikap Toleransi Antar Umat Beragama Siswa (Studi Kasus Di SMAN 1 Plosoklaten). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932141718_prabab.pdf Download (479kB) |
|
Text
932141718_bab1.pdf Download (248kB) |
|
Text
932141718_bab2.pdf Download (225kB) |
|
Text
932141718_bab3.pdf Download (63kB) |
|
Text
932141718_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
|
Text
932141718_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) |
|
Text
932141718_bab6.pdf Download (32kB) |
|
Text
932141718_daftar_pustaka.pdf Download (103kB) |
|
Text
932141718_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932141718_Persetujuanpublikasi.pdf Download (126kB) |
Abstract
Penanaman nilai-nilai toleransi beragama antar siswa disekolah dapat berlangsung dengan baik melalui peran yang dilakukan guru dalam memberikan pemahaman toleransi beragama dilingkungan maupun diluar sekolah, menjalankan, mengajarkan dan memberikan arahan dalam penanaman toleransi beragama. Jika sejak awal peserta didik telah dibekali nilai-nilai toleransi, maka secara otomatis nilai tersebut menjadi kebiasaan yang akan melekat dalam kepribadiannya. Dalam penelitian ini fokus yang diangkat adalah 1) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam penanaman nilai-nilai sikap toleransi antar umat beragama siswa di SMAN 1 Plosoklaten. 2) Bagaimana keberhasilan penanaman nilai-nilai sikap toleransi antar umat beragama siswa di SMAN 1 Plosoklaten. 3) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai-nilai toleransi antar umat beragama siswa SMAN 1 Plosoklaten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi terkait fokus penelitian. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data perpanjangan pengamatan, meningkatan ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Dalam penanaman nilai-nilai sikap toleransi di SMAN 1 Plosoklaten peran guru pendidikan agama Islam yaitu 1) Guru sebagai pendidik. 2) Guru sebagai inisiator 3) Guru sebagai motivator. 4) Guru sebagai penasihat. 5) Guru sebagai pembimbing. 6) Guru sebagai pelatih. Keberhasilan dalam penanaman nilai-nilai sikap toleransi antar umat beragama siswa di SMAN 1 Plosoklaten diantaranya 1) Siswa dapat berbaur, 2) Berteman baik tanpa membeda-bedakan latar belakang agama diantara mereka, 3) Siswa memiliki sikap empati dan simpati tanpa melihat perbedaan agama, 4) Siswa tidak berlebihan dalam beragama. Adapun Faktor pendukung dalam penanaman toleransi yaitu: 1) Warga lingkungan sekolah yang memiliki pemeluk agama selain Islam, 2) Kepala sekolah selalu mensupport, 3) Dan siswa sudah memiliki pemahaman tentang toleransi. Sedangkan Faktor penghambat yaitu: 1) Jam pembelajaran agama yang terlalu sedikit, 2) Siswa terlalu banyak menonton video yang kurang menghargai.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nurul Amalina |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 03:24 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 03:24 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5865 |
Actions (login required)
View Item |