Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Video Youtube Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Statistika Kelas VIII Mtsn 8 Kediri

Islami, Achmad Fajar (2022) Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Video Youtube Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Statistika Kelas VIII Mtsn 8 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932304618_prabab.pdf

Download (3MB)
[img] Text
932304618_bab1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
932304618_bab2.pdf

Download (4MB)
[img] Text
932304618_bab3.pdf

Download (3MB)
[img] Text
932304618_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
932304618_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932304618_bab6.pdf

Download (415kB)
[img] Text
932304618_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran matematika berbasis video youtube terhadap pemahaman konsep siswa pada materi statistika kelas VIII MTsN 8 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 8 Kediri yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling, dari seluruh populasi akan dipilih 1 kelas untuk menjadi kelas eksperimen. Kelas eksperimen akan diberikan tes sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) penggunaan media pembelajaran matematika berbasis video youtube pada materi statistika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pretest dan soal posttest. Uji efektivitas pada penelitian ini didasarkan pada perolehan nilai pretest dan posttest. Analisis perolehan nilai pretest dan posttest dilakukan dengan uji n-gain yang mendapatkan hasil atau n-gain score sebesar 0,64 dan masuk pada kategori sedang. Dasar pengambilan keputusan dalam penelitian ini adalah, suatu perlakuan dikatakan efektif jika n-gain score masuk pada kriteria tinggi atau sedang. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran matematika berbasis video youtube efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi statistika kelas VIII MTsN 8 Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Ahmad Fajar Islami
Date Deposited: 15 Sep 2022 02:02
Last Modified: 15 Sep 2022 02:02
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5845

Actions (login required)

View Item View Item