Amaliyah, Intan Nur Fauziyah (2022) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII-1 MTsN 6 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932116318_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932116318_bab1.pdf Download (512kB) |
|
Text
932116318_bab2.pdf Download (540kB) |
|
Text
932116318_bab3.pdf Download (716kB) |
|
Text
932116318_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (596kB) |
|
Text
932116318_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
|
Text
932116318_bab6.pdf Download (11kB) |
|
Text
932116318_daftarpustaka.pdf Download (299kB) |
Abstract
INTAN NUR FAUZIYAH AMALIYAH., Dosen Pembimbing Drs. MOH IRFAN BURHANI, M.Psi dan NILA ZAIMATUS SEPTIANA, M.Pd : Implementasi Model Pembelajaran Tipe Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII-1 MTsN 6 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022. Tarbiyah, Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2022. Kata kunci : Numbered Head Together, hasil belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya daya serap siswa terhadap materi yang mengakibatkan menurunnya hasil belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti pada siswa kelas VIII-1 MTsN 6 Nganjuk, menurunnya hasil belajar siswa disebabkan oleh metode yang digunakan guru lebih mengarah pada proses pembelajaran konvensional yakni metode ceramah. Pada kegiatan belajar mengajar tersebut lebih berpusat kepada guru sehingga siswa menjadi pasif, bosan, tidak memperhatikan pelajaran yang mengakibatkan hasil belajar rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa perlu adanya alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar, jadi pembelajaran tidak hanya satu arah. Adanya problematika tersebut model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together sebagai solusi diharapkan dapat membantu dalam meningkatkan peran aktif siswa karena model pembelajaran tersebut cenderung lebih berpusat pada kegiatan siswa (student cenetered). Penelitian ini berfokus pada model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together apakah mampu meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak pada siswa kelas VIII-1 MTsN 6 Nganjuk? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas VIII-1 MTsN 6 Nganjuk sebanyak 24 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki, dan 17 diantaranya perempuan. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus (2 pertemuan). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrument tes dan lembar observasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan pada data pra siklus, dari 24 siswa hanya 2 siswa yang mendapat nilai diatas KKM dengan predikat tuntas, 22 diantaranya belum tuntas. Nilai rata-rata pada pra siklus yaitu 57 dengan presentase ketuntasan klasikal 08,3%. Setelah diberi tindakan pada siklus I jumlah siswa yang mendapat nilai di atas KKM meningkat menjadi 15 siswa dengan rata-rata kelas 71,04 dan ketuntasan klasikal 62,5% namun masih dikatakan belum tuntas. Kemudian dilakukan perbaikan pada siklus II sehingga hanya 3 orang yang tidak tuntas dengan rata-rata kelas 86,45 dan ketuntasan klasikal 87,5%. Pada siklus II ini dinyatakan sudah tuntas maka tidak perlu lanjut siklus berikutnya. Dari analisa diatas dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII-1 di MTsN 6 Nganjuk.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | intan nur fauziyah |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 04:26 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 04:26 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5844 |
Actions (login required)
View Item |