Pengaruh Keterlibatan Siswa Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas XI IPA Di MAN 1 Jombang

Badriyah, Luluk (2022) Pengaruh Keterlibatan Siswa Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas XI IPA Di MAN 1 Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932130318_pra bab.pdf

Download (439kB)
[img] Text
932130318_bab1.pdf

Download (342kB)
[img] Text
932130318_bab2.pdf

Download (390kB)
[img] Text
932130318_bab3.pdf

Download (388kB)
[img] Text
932130318_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img] Text
932130318_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
932130318_bab6.pdf

Download (102kB)
[img] Text
932130318_daftar pustaka.pdf

Download (165kB)
[img] Text
932130318_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
932130318_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (132kB)

Abstract

Luluk Badriyah,2022. Dosen Pembimbing Drs.Moh.Irfan Burhani, M.Psi dan Nila Zaimatus Septiana, M.Pd: PENGARUH KETERLIBATAN SISWA DAN KABIASAAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS XI IPA DI MAN 1 JOMBANG. Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Kata Kunci: Keterlibatan Siswa, Kebiasaan Belajar, dan Prestasi Belajar Prestasi belajar penting dalam kegiatan belajar mengajar karena dapat dijadikan tolak ukur untuk mengetahui kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik. Prestasi belajar yang diperoleh siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni faktor internal dan eksternal, salah satu faktor internal yang mempengaruhi ialah keterlibatan siswa. Keterlibatan siswa adalah bentuk perilaku siswa yang merasa terikat dengan kegiatan di sekolah serta terwujud dalam keterlibatan perilaku, keterlibatan kognitif, dan keterlibatan emosional. Selain keterlibatan siswa prestasi belajar juga dipengaruhi oleh kebiasaan belajar, kebiasaan belajar merupakan suatu tingkah laku yang dilakukan oleh siswa secara teratur dan berulang-ulang dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh keterlibatan siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran aqidah akhlak. 2) pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran aqidah akhlak, 3)pengaruh keterlibatan siswa dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran aqidah akhlak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasi dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA di MAN 1 Jombang dengan jumalah 212, sampel sebanyak 138 dihitung dengan menggunakan rumus Slovin, dan teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Data dikumpulkan melalui angket keterlibatan siswa dan angket kebiasaan belajar. Sedangkan untuk mendapatkan prestasi belajar diperoleh dari hasil ujian yang dilakukan oleh guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana (Uji T) dan regresi linier berganda (Uji F) dengan bantuan SPSS 26. Hasil penelitian: 1) Ada pengaruh positif dan signifikan keterlibatan siswa terhadap prestasi belajar, nilai r square yaitu 0,316, hal tersebut bermakna kontribusi keterlibatan siswa terhadap prestasi belajar sebesar 31,6%, dan sisanya 68,4% dipengaruhi oleh faktor lain. 2) Ada pengaruh positif dan signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar, nilai r 0.277 lebih besar dari r square yaitu 0.077 yang berarti kontribusi kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar sebesar 7,7%, dan sisanya 92,3% dipengaruhi oleh faktor lain. 3) Ada pengaruh positif dan signifikan keterlibatan siswa dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar, nilai r 0,578 Sedangkan koefisien determinasi R² adalah sebesar 0,334 jadi dapat dikatakan bahwa pengaruh keterlibatan siswa dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran aqidah akhlak yaitu sebesar 33,4% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Luluk Badriyah
Date Deposited: 30 Aug 2022 04:51
Last Modified: 30 Aug 2022 04:51
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5813

Actions (login required)

View Item View Item