Amalah, Husnul (2022) Pembelajaran Metode At-Tartil Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Di TPQ Wildaanul Muslimin Gondang Manis Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932136718_prabab.pdf Download (612kB) |
|
Text
932136718_bab1.pdf Download (721kB) |
|
Text
932136718_bab2.pdf Download (861kB) |
|
Text
932136718_bab3.pdf Download (317kB) |
|
Text
932136718_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (553kB) |
|
Text
932136718_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (593kB) |
|
Text
932136718_bab6.pdf Download (117kB) |
|
Text
932136718_daftarpustaka.pdf Download (376kB) |
|
Text
932136718_suratpernyataan.pdf Download (189kB) |
Abstract
HUSNUL AMALAH, 2022. Pembelajaran Metode At-Tartil dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca al-Qur’an di TPQ Wildaanul Muslimin Gondang Manis Jombang, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. Untung Khoiruddin, M.Pd.I dan (2) H. Imam Masrur, M.Th.I.Kata Kunci: Metode At-Tartil, Membaca al-Qur’an Dalam dunia pendidikan pastinya tidak lepas dari yang namanya metode, adanya metode sangat berpengaruh terhadap keberhasilan proses pembelajaran. Macam-macam metode sangatlah bervariasi, salah satunya yakni metode pembelajaran al-Qur’an. TPQ Wildaanul Muslimin Gondang Manis Jombang merupakan salah satu lembaga pendidikan non formal yang menyuguhkan pendidikan al-Qur’an dengan menerapkan metode at-Tartil serta memiliki jumlah santri yang banyak dan tentunya memiliki kemampuan yang bervariasi. Metode at-Tartil adalah “pelan dan jelas” sehingga terlihat jelas huruf, sifat dan tajwidnya. Maka dari itu peneliti melaksanakan penelitian dengan fokus penelitian.(1)Bagaimanakah pembelajaran metode at-Tartil dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di TPQ Wildaanul Muslimin Gondang Manis Jombang?.(2) Apa saja Faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran metode at-Tartil dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di TPQ Wildaanul Muslimin Gondang Manis Jombang?. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dicek kebasahannya dengan teknik perpanjangan penelitian, penelitian dengan tekun dan trianggulasi yang berupa trianggulasi sumber, trianggulasi teknik dan trianggulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran at-Tartil dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di TPQ Wildaanul Muslimin Gondang Manis Jombang meliputi kebijakan dalam waktu penempuhan kelas jilid dan al-Qur’an, model pembelajaran klaksikal, model pembelajaran individual, irama dalam proses pembelajarannya, evaluasi harian, serta evaluasi tingkatan. (2) Faktor pendukung dalam pembelajaran metode at-Tartil dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri di TPQ Wildaanul Muslimin meliputi: adanya minat santri dalam belajar al-Qur’an, guru yang profesional, adanya motivasi pada santri, kegiatan tambahan, sarana dan prasarana yang baik dan komunikasi antara guru dengan wali santri, Sedangkan faktor penghambat dalam pembelajaran metode at-Tartil dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri di TPQ Wildaanul Muslimin meliputi: kurangnya perhatian santri untuk membaca al-Qur’an, kurangnya minat santri, kurangnya perhatian dari orang tua, usia yang belum umur, guru yang kurang disiplin serta lingkungan atau pergaulan teman.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021406 Maharat al-Kalam (Speaking Skill) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Husnul Amalah |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 03:49 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 03:49 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5807 |
Actions (login required)
View Item |