Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di Sma Negeri 2 Pare

Zulfayana, Nurmillah Hanifah (2022) Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di Sma Negeri 2 Pare. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932411018_prabab.pdf

Download (671kB)
[img] Text
932411018_bab1.pdf

Download (213kB)
[img] Text
932411018_bab2.pdf

Download (265kB)
[img] Text
932411018_bab3.pdf

Download (125kB)
[img] Text
932411018_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img] Text
932411018_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
932411018_bab6.pdf

Download (9kB)
[img] Text
932411018_daftarpustaka.pdf

Download (66kB)
[img] Text
932411018_suratpernyataan.pdf

Download (340kB)

Abstract

NURMILLAH HANIFAH ZULFAYANA, Dosen Pembimbing Dr. Erwin Indrioko, M.Pd.I dan Intan Nuyulis Naeni Puspitasari, M.Pd.I : Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di SMA Negeri 2 Pare, Skripsi, Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci : Strategi, Kepala Sekolah, Mutu Lulusan Mutu pendidikan pada sebuah lembaga pendidikan mampu diidentifikasi dari lulusan yang dihasilkan. Permasalahan tentang mutu lulusan, udah banyak diperbincangkan di berbagai kalangan masyarakat sebagai pelanggan produk pendidikan. Masyarakat beranggapan kualitas lulusan hanya sanggup dicermati dari kuantitasnya, berapa persen peserta didik yang lulus dari sebuah sekolah, tidak di ukur dari nilai yang didapat dan kegunaan yang dapat diambil oleh peserta didik dari nilai kelulusan tersebut. Hal ini menjadi salah satu alasan penelitu untuk mengangkat penelitian ini. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan. 2) Bagaimana pelaksanaan strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah, 3) Bagaimana evaluasi strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan di SMAN 2 Pare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Adapun sumber data yang dipilih ialah kepala sekolah, wakil bidang kesiswaan, wakil kurikulum, wakil kehumasan dan tenaga pendidik. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi, pengamatan terus menerus, dan kekuatan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan adalah: 1) Perencanaan Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan adalah melakukan analisis lingkungan interenal dan lingkungan eksternal, merumuskan program-program sekolah berkoordinasi dengan wakil kepala, menentukan strategi melalui pengembangan program/kegiatan sekolah. 2) Pelaksanaan strategi yaitu dengan membentuk koordinator/penanggungjawab untuk setiap program, melakukan sosialisasi sekolah kepada pihak-pihak terkait, mengembangkan program unggulan sekolah dimulai dari tahap PPDB dan peningkatan sumber daya guru. 3) Evaluasi strategi yang dilakukan yaitu pengawasan program/kegiatan sekolah, melalui laporan kegiatan dan evaluasi rutin pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1504 Commercial Services > 150402 Hospitality Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1504 Commercial Services > 150403 Real Estate and Valuation Services
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1504 Commercial Services
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nurmillah Hanifah Z
Date Deposited: 29 Aug 2022 08:55
Last Modified: 29 Aug 2022 08:55
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5794

Actions (login required)

View Item View Item