Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Keterampilan Belajar Dengan Kesiapan Belajar Siswa Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Di SDN 3 Mlorah

Damayanti, Is (2022) Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Keterampilan Belajar Dengan Kesiapan Belajar Siswa Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Di SDN 3 Mlorah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933407018_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933407018_bab1.pdf

Download (459kB)
[img] Text
933407018_bab2.pdf

Download (419kB)
[img] Text
933407018_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text
933407018_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (953kB)
[img] Text
933407018_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
933407018_bab6.pdf

Download (183kB)
[img] Text
933407018_daftarpustaka.pdf

Download (309kB)
[img] Text
933407018_suratpernyataan.pdf

Download (109kB)

Abstract

Kesiapan belajar adalah kondisi awal siswa dalam belajar yang menjadikan siap untuk memberi respons dengan cara tertentu terhadap keadaan yang diperlukan untuk mencapai tujuan dalam belajar. Data lapangan menunjukkan bahwa siswa-siswi SDN 3 Mlorah belum sepenuhnya siap dalam pembelajaran tatap muka setelah pandemi covid-19. Secara teoritis kesiapan belajar berhubungan dengan 1) kecerdasan emosional dan 2) keterampilan belajar. Kecerdasan emosional adalah kemampuan individu untuk memotivasi diri sendiri, bertahan menghadapi frustasi, mengendalikan dorongan hati untuk tidak berlebihan dalam kesenangan, mampu mengatur suasana hati serta mampu berempati. Keterampilan belajar adalah kemampuan individu dalam cara-cara belajar yang baik, mencakup aspek afektif, kognitif serta psikomotorik yang diperoleh melalui proses pelatihan secara terus-menerus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) tingkat kesiapan belajar, tingkat kecerdasan emosional, dan tingkat keterampilan belajar siswa kelas V SDN 3 Mlorah, 2) hubungan kecerdasan emosional dengan kesiapan belajar, 3) hubungan keterampilan belajar dengan kesiapan belajar, 4) hubungan kecerdasan emosional dan keterampilan belajar dengan kesiapan belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Is Damayanti
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:32
Last Modified: 25 Aug 2022 04:32
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5739

Actions (login required)

View Item View Item