Pelestarian Lingkungan Hidup Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 4 Kediri

Ashiyah, Siti Nur (2022) Pelestarian Lingkungan Hidup Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 4 Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92101418032_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
92101418032_bab1.pdf

Download (367kB)
[img] Text
92101418032_bab2.pdf

Download (418kB)
[img] Text
92101418032_bab3.pdf

Download (219kB)
[img] Text
92101418032_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
92101418032_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
92101418032_bab6.pdf

Download (33kB)
[img] Text
92101418032_daftarpustaka.pdf

Download (145kB)
[img] Text
92101418032_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK SITI NUR ASHIYAH, 2020, Pelestarian Lingkungan Hidup melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Kediri, Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, IAIN Kediri, Dosen Pembimbing: 1. Dr. H. Muniron, M.Ag. 2. Dr. H. Syamsul Huda, M.Ag. Kata Kunci: Pelestarian Lingkungan Hidup, Pendidikan Agama Islam Salah satu bentuk upaya untuk menanamkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan guna mencegah kerusakan dapat dilakukan melalui pendidikan. Khususnya Pendidikan Agama Islam, karena jelas melalui ayat-ayat-Nya Allah sudah memerintahkan manusia untuk menjaga kelestarian lingkungan. Pendidikan Agama Islam memiliki potensi yang kuat untuk melakukan pelestarian lingkungan. Penelitian ini dimaksudkan untuk dapat mengetahui Pelestarian Lingkungan Hidup melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Kediri. Dengan fokus penelitian: (1) Pembelajaran pelestarian lingkungan hidup melalui Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Kediri yang meliputi, kurikulum, tujuan, strategi dan evaluasi. (2) Kegiatan pelestarian lingkungan hidup melalui Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Kediri. Penelitian ini meggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan reduksi data, kemudian penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Pembelajaran pelestarian lingkungan hidup melalui Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Kediri yang meliputi: (a) Kurikulum yang digunakan di SMP Negeri 4 Kediri dalam pelestarian lingkungan melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu kurikulum nasional. (b) Tujuan pembelajaran pelestarian lingkungan hidup melalui Pendidikan Agama Isam yaitu penyadaran dan pemahaman pentingnya pelestarian lingkungan hidup sesuai dengan materi PAI yang sedang diajarkan agar anak dapat senantiasa menjaga kebersihan. (c) Strategi pembelajaran yang digunakan yaitu cooperative learning melalui google classroom. (d) Kegiatan evaluasi pembelajaran dilakukan menggunakan tes formatif. (2) Kegiatan Pelestarian Lingkungan Hidup melalui Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Kediri yaitu melalui kebijakan sekolah berwawasan lingkungan, yang terdiri dari visi, misi dan tujuan SMP Negeri 4 Kediri, struktur kurikulum, rencana kegiatan dan anggaran. Kemudian kegiatan berbasis partisipatif yang terdiri dari keteladanan Bapak dan Ibu guru, adanya program-program pelestarian lingkungan, dan menjalin kemitraan dengan pihak lain. Selanjutnya yaitu adanya pengelolaan sarana dan prasarana pendukung sekolah yang ramah lingkungan. ABSTRAC SITI NUR ASHIYAH, 2020, Pelestarian Lingkungan Hidup melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Kediri, Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, IAIN Kediri, Dosen Pembimbing: 1. Dr. H. Muniron, M.Ag. 2. Dr. H. Syamsul Huda, M.Ag. Keywords: Environmental Conservation, Islamic Religious Education One form of effort to instill awareness and concern for the environment in order to prevent damage can be done through education. Especially Islamic Religious Education, because it is clear through His verses Allah has ordered humans to protect the environment. Islamic religious education has a strong potential for environmental preservation. This research is intended to be able to find out environmental preservation through Islamic religious education learning at SMP Negeri 4 Kediri. With a research focus: (1) Learning environmental preservation through Islamic Religious Education at SMP Negeri 4 Kediri which includes, curriculum, objectives, strategies and evaluation. (2) Environmental preservation activities through Islamic Religious Education at SMP Negeri 4 Kediri. This research uses a qualitative approach with the type of case study research. The data in this study were collected through in-depth interviews, participatory observation and documentation. Data analysis begins with data reduction, then data presentation and drawing conclusions. The results of this study reveal that: (1) Learning environmental preservation through Islamic Religious Education at SMP Negeri 4 Kediri which includes: (a) The curriculum used at SMP Negeri 4 Kediri in environmental preservation through learning Islamic Religious Education, namely the national curriculum. (b) The learning objectives of environmental preservation through Islamic Religious Education are awareness and understanding of the importance of environmental preservation in accordance with the PAI material being taught so that children can always maintain cleanliness. (c) The learning strategy used is cooperative learning through google classroom. (d) The learning evaluation activity is carried out using a formative test. (2) Environmental Conservation Activities through Islamic Religious Education at SMP Negeri 4 Kediri, namely through school policies with an environmental perspective, which consists of the vision, mission and objectives of SMP Negeri 4 Kediri, curriculum structure, activity plans and budgets. Then participatory-based activities consisting of the example of the father and mother, the existence of environmental conservation programs, and forging partnerships with other parties. Furthermore, namely the management of school supporting facilities and infrastructure that is environmentally friendly.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Nur Ashiyah
Date Deposited: 22 Aug 2022 02:32
Last Modified: 22 Aug 2022 02:32
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5691

Actions (login required)

View Item View Item