Pengembangan Media Puzzle Strategi Make A Match Materi Bangun Datar Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Kediri

Aulianisa', Nadila Zahra (2022) Pengembangan Media Puzzle Strategi Make A Match Materi Bangun Datar Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932606618_prabab.pdf

Download (369kB)
[img] Text
932606618_bab1.pdf

Download (155kB)
[img] Text
932606618_bab2.pdf

Download (187kB)
[img] Text
932606618_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
931606618_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text
932606618_bab5.pdf

Download (132kB)
[img] Text
932606618_daftar pustaka .pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan hasil pra penelitian di MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Kediri diketahui bahwa media pembelajaran yang digunakan hanya mengacu pada buku siswa, buku guru dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Membuat siswa cepat merasa bosan, dan kurang memahami materi yang disampaikan guru khususnya pada mata pelajaran matematika, sehinggah nilai hasil belajar siswa kurang meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Media pembelajaran yang di kembangkan oleh peneliti adalah media puzzle bangun datar berbasis make a match. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, dan Evaluation). hasil data yang diperoleh akan dianalisis dengan deskriptis presentase dan data kuantitatif. Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa pengembangan media puzzle mendapatkan kriteria “layak di gunakan” dengan hasil presentase 83%, dengan hasil validator materi 95% (sangat layak digunakan). Untuk mengetahui kenaiakn hasil belajar siswa dilakukan pretest dan post test dengan nilai rata-rata 89,03 menjadi 95,75. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran puzzle terdiri dari 2 aspek yaitu a) kelayakan media puzzle dari hasil validasi ahli media, ahli materi, dan respon siswa sangat layak, b) hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan media puzzle.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nadilla Zahra Aulianisa
Date Deposited: 02 Sep 2022 03:01
Last Modified: 02 Sep 2022 03:01
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5676

Actions (login required)

View Item View Item