Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Mi Mambaul Ulum Kota Kediri Dalam Pembelajaran Matematika

Ulumiah, Fahimatul (2022) Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Mi Mambaul Ulum Kota Kediri Dalam Pembelajaran Matematika. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932601718_prabab.pdf

Download (903kB)
[img] Text
932601718_bab1.pdf

Download (287kB)
[img] Text
932601718_bab2.pdf

Download (313kB)
[img] Text
932601718_bab3.pdf

Download (246kB)
[img] Text
932601718_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
932601718_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
932601718_bab6.pdf

Download (88kB)
[img] Text
932601718_daftarpustaka.pdf

Download (242kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan urgensinya pembiasaan berliterasi numerasi pada usia sekolah dasar sebagai upaya untuk membiasakan anak berpikir. Tujuan penelitian ini adalah untuk Menganalisis kemampuan literasi numerasi siswa MI Mambaul Ulum Kota Kediri dalam pembelajaran matematika dan Menguraikan faktor-faktor yang mempengaruhi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan soal tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Sedangkan dalam pengecekan data keabsahan hasil penelitian menggunakan teknik triangulasi sumber dan penggunaan tambahan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Kemampuan literasi siswa jika dilihat dari beberapa indikator kemampuan literasi numerasi siswa kelas V MI Mambaul Ulum Kota Kediri menunjukkan kekurangan dalam keterampilan menganalisis soal yang berbasis numerasi dan cara menyajikan hasil analisisnya ke dalam lembar jawaban. Adapun kelebihannya adalah kemampuan dalam memahami konsep matematika serta penafsiran simbol dan angka dalam soal numerasi. 2) Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan literasi numerasi siswa kelas V MI Mambaul Ulum Kota Kediri dibagi menjadi 2 bagian yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu kemampuan dalam menganalisis informasi, pemahaman dalam matematika dan kemampan dalam pengambilan keputusan. Adapun faktor eksternal yaitu faktor kebijakan numerasi, faktor profesionalitas guru, faktor sumber belajar dan faktor dari siswa berupa latar belakang ekonomi dan kesadaran numerasi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahimatul Ulumiah
Date Deposited: 05 Sep 2022 03:27
Last Modified: 05 Sep 2022 03:27
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5675

Actions (login required)

View Item View Item