Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Meningkatkan Akhlak Karimah Peserta Didik Di MA Ma'arif NU Blitar

primavera, Dona (2022) Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Meningkatkan Akhlak Karimah Peserta Didik Di MA Ma'arif NU Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932113018_prabab.pdf

Download (823kB)
[img] Text
932113018_bab1.pdf

Download (554kB)
[img] Text
932113018_bab2.pdf

Download (615kB)
[img] Text
932113018_bab3.pdf

Download (446kB)
[img] Text
932113018_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB)
[img] Text
932113018_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)
[img] Text
932113018_bab6.pdf

Download (314kB)
[img] Text
932113018_daftarpustaka.pdf

Download (426kB)
[img] Text
932113018_suratpernyataan.pdf

Download (256kB)

Abstract

Nilai- nilai pendidikan karakter merupakan penanaman nilai-nilai karakter luhur pada peserta didik yang mengandung unsur pengetahuan, kesadaran dan tindakan sebagai upaya pencegahan perilaku menyimpang dan meningkatkan akhlak karimah. Untuk keberhasilan penerapan nilai-nilai pendidikan karakter ini dilaksanakan dalam semua kegiatan dimadrasah meliputi pembelajaran, ko- kurikuler dan ekstrakurikuler serta budaya madrasah. Adapun fokus penelitian ini diantaranya; 1) bagaimana perencanaan penerapan nilai-nilai pendidikan karakter dalam meningkatkan akhlak karimah peserta didik MA Ma’arif NU Kota Blitar, 2) bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam meningkatkan akhlak karimah peserta didik MA Ma’arif NU Kota Blitar, 3) bagaimana hasil dari implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam meningkatkan akhlak karimah peserta didik MA Ma’arif NU Kota Blitar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. pendekatan kualitatif digunakan untuk menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa diantaranya: 1) perencanaan dalam pengimplementasian nilai-nilai dalam pembelajaran melalui a. Program kerja, meliputi, pembuatan silabus dan RPP. Perencanaan dalam kegiatan ko- kurikuler dan ekstra diadakannya rapat awal bulan. Perencanaan dalam budaya madrasah didasarkan pada visi- misi madrasah dan dilakukan dengan pengembangan budaya madrasah, b. sosialisasi melalui media massa dan media langsung. 2) implementasi nilai-niali pendidikan karakter dalam meningkatkan akhlak karimah peserta didik dilakukan pada pembelajaran, berdoa’a diawal dan akhir pembelajaran, lalaran asm’aul husna, menyanyikan lagu ya lal wathon. Ko-kurikuler berupa ziaroh religious dan PKL dan ekstrakurikuler berupa pramuka, paskibraka, IPNU-IPPNU, tahfidzul Qur’an, al-banjari, bengkel qur’an, dan budaya madrasah berupa kegiatan rutin, keteladanan, pengkondisian dan pembiasaan. 3) hasil dari pengimplementasian berupa akhlak karimah kepada Allah Swt., akhlak karimah kepada Rasulullah Saw., akhlak karimah kepada diri sendiri, akhlak karimah kepada sesama.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dona Primavera
Date Deposited: 24 Aug 2022 07:22
Last Modified: 24 Aug 2022 07:22
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5647

Actions (login required)

View Item View Item