Pendidikan Life Skill Di Pondok Pesantren Al-Talah Ploso Mojo Kediri

Wibowo, Moch. Sarwo Edy (2021) Pendidikan Life Skill Di Pondok Pesantren Al-Talah Ploso Mojo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932114510_prabab.pdf

Download (3MB)
[img] Text
932114510_bab1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
932114510_bab2.pdf

Download (10MB)
[img] Text
932114510_bab3.pdf

Download (8MB)
[img] Text
932114510_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text
932114510_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
932114510_bab6.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932114510_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK MOCH. SAR\MO EDY WIBOWO, Dosen Pembimbing rfr/AHIDUL ANAM, M. Ag, dan Drs. Moh. Rois, MA : Pendidikan Life Sldll di Pondok Pesantren Al-Falah Ploso Mojo Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyab, STAIN Kediri, 2014. Kata kunci: Pendidikan, Life Skill Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah melalarkan inovasi progftIm pendidikan, terutama berkaitan dengan kualitas pendidikan, serta relevansinya dengan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja. Untuk itu kegiatan belajar hanrs dapat membekali peserta didik dengan kecakapan hidup (We skill) yang sesuai dengan lingkungan kehidupan dan kebutuhan peserta didik. Pesantren dengan segala dinamikanya ternyata mampu memberikan model pendidikan tersendiri dengan melakukan berbagai jenis pendidikan keterampilan tanpa melupakan pendidikan utamanya yaitu kajian kitab kuning. hal Ini membuktikan bahwa peran pesantren ditengah masyarakat terryata mamFu beradaptasi sedemikian rupa dengan berorientasi ke depan yang dibuktikan dengan membuka pendidikan life skill bagi santri-santrinya seperti yang terdapat di Pondok Pesanten Al-FaIah Ploso Mojo Kediri. Berangkat dari latarbelakang itulah penulis berkeiginan membalrasnya dalam skripsi dengan mengambil judul Pendidikan Life Skill di Pondok Pesanffen Al-Falah Ploso Mojo Kediri. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran life skill di Pondok Pesanten Al-Falah Ploso Mojo Kediri dan juga untuk mengetahui faktor pendukung dan pengharnbal dalam pelaksanaan pembelajaran life skill dilakukan. Pendekatan yang digunakan adatah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kajian ini menunjukkan bahwa pelaksanaaan pendidikan life skill di Pondok Pesanfien Al-Falah Ploso ini belum sepenuhnya berjalan dengan bait masih banyak sekali yang perlu diperbaiki. Hal ini dapat terlihat dalam proses perencantnlmya yang kurang matang karena aspek pencatatan belum dilalarkan, akan tetapi proses pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan evaluasi pembelajaran kurang efektif karena untuk saat ini baru dalam proses perumusan. Melihat hal tersebut kiranya dipandang perlu adanya petrataan kembali agar pendidikan life skill di Al-Falah Ploso ini dapat dilaksanakan dengan baik, sehingga mampu menciptakan jiwa santi yang lebih berkualitas dan kompetitif.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:32
Last Modified: 15 Aug 2022 04:32
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5642

Actions (login required)

View Item View Item