Mualimah, Irfau Faridatul (2015) Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Membentuk Kedisiplinan Belajar Siswa MTsN Kunir Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932113811_prabab.pdf Download (362kB) |
|
Text
932113811_Bab I.pdf Download (461kB) |
|
Text
932113811_Bab II.pdf Download (517kB) |
|
Text
932113811_Bab III.pdf Download (372kB) |
|
Text
932113811_Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
|
Text
932113811_Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) |
|
Text
932113811_Bab VI.pdf Download (292kB) |
|
Text
932113811_daftar pustaka.pdf Download (404kB) |
Abstract
ABSTRAK IRFAU FARIDATUL MUALIMAH, dan Dosen Pembimbing I: Drs. Moh. Irfan Burhani, M. Psi.,Dosen Pembimbing II: Ninik Zuroidah, M. Si.: Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Membentuk Kedisiplinan Belajar Siswa MTsN Kunir Blitar.Tarbiyah, Pendidikan Agama Islam, STAIN Kediri 2015. Kata Kunci: Upaya Bimbingan dan Konseling, Kedisiplinan Belajar Siswa. Nilai-nilai tatakrama di dunia pendidikan Indonesia ini sangat ditekankan hal ini dapat dilihat dalam madrasah-madrasah yang ada, sehingga guru harus mencermati siswanya guna untuk membentuk kepribadian siswa yang baik dan berdisiplin, hal ini dilakukan demi massa depan bangsa kita Indonesia ini. Demi kesuksesan pembentukan perilaku siswa yang baik sangat diperlukan bantuan dari orang tua dan para guru, supaya siswa lebih bisa mandiri jika suatu hari nanti terjun atau berkecimpung di dunia masyarakat luas. Guna menjadi masyarakat yang mandiri dan berguna di dunia masyarakat, dan disini layanan bimbingan konseling sangat berperan penting dalam rangka membantu siswa mengatasinya guna untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia ini. Peneliti ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana tingkat kedisiplinan belajar siswa MTsN Kunir Blitar, bagaimana upaya guru Bimbingan Konseling dalam membentuk kedisiplinan belajar pada siswa MTsN Kunir Blitar, dan faktor apa yang menjadi penghambat dan pendukung dalam membentuk kedisiplinan belajar siswa. Pendekatan yang digunakan oleh penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian adalah studi kasus. Adapun data yang didapatkan berasal dari tiga metode pengumpulan data yaitu dari hasil observasi, hasil wawancara, dan dokumentasi, untuk pengeceka keabsahan data penulis imenggunakan tehnik perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, triagulasi dan analisis kasus. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Bentuk kedisiplinan belajar siswa MTsN Kunir yaitu siswa sudah baik, siswa menyadari akan pentingnya berdisiplin dalam belajar, mereka selalu mengerjakan PR tepat waktu, belajar secara teratur, mengumpulkan tugas tepat waktu, memasuki sekolah secara tepat waktu, selalu metaati semua peraturan sesuai dengan aturan sekolah, selalu fokus, kritis dan serius di dalam kelas. 2) Upaya Bimbingan Konseling dalam pemembentukan kedisiplinan belajar siswa adalah dengan cara menjalin kerjasama dengan orang tua dan tim keteriban, guru, memantau siswa dengan baik di setiap harinya, menggunakan buku kendali dengan baik, memberikan bimbingan dan memberikan sangsi yang mendidik kepada siswa. 3) faktor penghambat dan pendukung dalam membentuk kedisiplinan siswa adalah Hal yang menjadi penghambat dalam pembentukan kedisiplinan belajar siswa yaitu karena masih ada siswa yang kurang memperhatikan tata tertib walaupun jumlahnya sangat sedikit sekali dalam 1 minggu hanya ada 2 sampai 5 anak saja. Sedangkan faktor pendukungnya adalah kerjasama dengan masyarakat sekolah, buku kendali yang di sampaikan di kelas oleh guru BK, orang tua yang dapat diajak berkerjasama, dan peraturan yang telah ditulis dengan jelas.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 03:16 |
Last Modified: | 15 Aug 2022 03:16 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5627 |
Actions (login required)
View Item |