Efektivitas Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Dengan Teknik Scaffolding Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Garis Singgung Lingkaran

Riskiana, Maya (2022) Efektivitas Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Dengan Teknik Scaffolding Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Garis Singgung Lingkaran. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932305918_prabab[2].pdf

Download (2MB)
[img] Text
932305918_bab1[1].pdf

Download (358kB)
[img] Text
932305918_bab2[1].pdf

Download (485kB)
[img] Text
932305918_bab3[1].pdf

Download (421kB)
[img] Text
932305918_bab4[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB)
[img] Text
932305918_bab5[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text
932305918_bab6[1].pdf

Download (214kB)
[img] Text
932305918_daftarpustaka[1].pdf

Download (357kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran conceptual understanding procedures dengan teknik scaffolding terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi garis singgung lingkaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan jumlah sampel sebanyak 27 siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrument tes (pretest dan posttest) berbentuk soal uraian. Sebelum digunakan, instrumen telah divalidasi oleh 3 orang ahli dan telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat dan daya beda. Berdasarkan hasil tes kemudian dilakukan uji parametrik yaitu uji paired sample t-test dan diperoleh nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 dimana 0,000 < 0,05 sehingga diterima. Artinya terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah sebelum dan sesudah pembelajaran conceptual understanding procedures dengan teknik scaffolding, diamati dari rata-rata nilai posttest lebih besar daripada nilai pretest sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran conceptual understanding procedures dengan teknik scaffolding terhadap kemampuan pemecahan masalah. Selanjutnya untuk mengetahui tingkat keefektifan model pembelajaran yang digunakan, maka dilakukan uji cohen dan diperoleh nilai effect size sebesar 0,943, dan nilai tersebut berada pada kategori efektifitas tinggi sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran conceptual understanding procedures dengan teknik scaffolding sangat efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0101 Pure Mathematics (Matematika Murni) > 010102 Algebraic and Differential Geometry (Geometri Aljabar dan Diferensial)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Maya Riskiana
Date Deposited: 02 Sep 2022 02:53
Last Modified: 02 Sep 2022 02:53
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5626

Actions (login required)

View Item View Item