Penggunaan Metode Card Sort Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Al Qur'an Hadis Kelas VII-B Mtsn 9 Nganjuk

Fauzi, Ahmad Sahrul (2022) Penggunaan Metode Card Sort Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Al Qur'an Hadis Kelas VII-B Mtsn 9 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932101318_Prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932101318_bab1.pdf

Download (427kB)
[img] Text
932101318_bab2.pdf

Download (660kB)
[img] Text
932101318_bab3.pdf

Download (367kB)
[img] Text
932101318_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text
932101318_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text
932101318_bab6.pdf

Download (291kB)
[img] Text
932101318_daftar_pustaka.pdf

Download (403kB)

Abstract

Hasil belajar adalah nilai yang diperoleh siswa setelah mereka menyelesaikan pengalaman belajar. Data nilai tes prasiklus mata pelajaran Al Qur’an Hadis siswa kelas VII-B bahwa kelas ini tergolong kelas yang hasil belajarnya rendah, dari 28 siswa yang memperoleh nilai diatas KKM hanya 16 siswa dan 12 siswa siswa masih dibawah KKM. Hal ini dikarenakan guru selalu menggunakan metode ceramah pada setiap materi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Al Qur’an Hadis siswa di kelas VII-B MTsN 9 Nganjuk setelah diterapkannya metode pembelajaran card sort. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di MTsN 9 Nganjuk tahun pelajaran 2021/2022 pada siswa kelas VII-B yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun instrumen pengumpulan data dengan tes. Sedangkan analisis data menggunakan perbandingan rata-rata nilai prasiklus, siklus I, siklus II dan presentase ketuntasan klasikal prasiklus, siklus I, siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada kondisi prasiklus hasil belajar Al Qur’an Hadis siswa kelas VII-B yakni rata-rata hasil belajar 72,14 dengan KKM 70, dari 28 siswa diketahui siswa yang tuntas ada 16, sedangkan yang tidak tuntas ada 12 serta presentase ketuntasan kelas 42,2%. Hal ini membuktikan bahwa pada kondisi prasiklus hasil belajar siswa masih belum tuntas dan hasil yang diperoleh siswa belum maksimal. Setelah diadakannya siklus I diperoleh rata-rata hasil belajar 78,64 sedangkan siswa yang tuntas ada 22 yang tidak tuntas ada 6, dengan presentase ketuntasan yakni 78,6%. pada siklus I ini hasil belajar siswa sudah terlihat ada peningkatan, tetapi belum memenuhi kriteria ketuntasan kelas yakni 85%. Pada tahap siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus II yakni 89,46 sedangkan siswa yang tuntas ada 26 dan yang tidak tuntas ada 2 dan dapat dilihat dari ketuntasan kelas siklus II yakni 92,8%. Pada tahap siklus II ini hasil belajar sudah sangat baik dan sudah memenuhi kriteria ketuntasan kelas yakni 85%. Dari analisa diatas dapat dipahami bahwa penggunaan metode pembelajaran card sort terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis kelas VII-B MTsN 9 Nganjuk.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Sahrul Fauzi
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:28
Last Modified: 22 Aug 2022 04:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5622

Actions (login required)

View Item View Item