Efektifitas Penggunaan Bahan Ajar Fiqih Kelas VII Di MTs Modern Sunan Ampel Prambon Nganjuk

Azizah, Eni Mufidatul (2015) Efektifitas Penggunaan Bahan Ajar Fiqih Kelas VII Di MTs Modern Sunan Ampel Prambon Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932118411_prabab.pdf

Download (501kB)
[img] Text
932118411_bab1.pdf

Download (394kB)
[img] Text
932118411_bab2.pdf

Download (399kB)
[img] Text
932118411_bab3.pdf

Download (305kB)
[img] Text
932118411_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
932118411_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
932118411_bab6.pdf

Download (13kB)
[img] Text
932118411_daftarpustaka.pdf

Download (224kB)

Abstract

ABSTRAK Eni Mufidatul Azizah, Dosen Pembimbing Moh. Zainal Fanani M.Pd.I dan Ahmad Taufiq S.Ag, M.Si: Efektifitas Penggunaan Bahan Ajar Fiqih Kelas VII di MTs Modern Sunan Ampel Prambon Nganjuk Kata kunci: Efektifitas, Penggunaan Bahan Ajar, Fiqih Efektifitas penggunaan bahan ajar sangat penting demi tercapainya kompetensi secara optimal. Untuk mencapai efektifitas penggunaan bahan ajar, para guru di MTs Modern Sunan Ampel Prambon Nganjuk memiliki kreatifitas tinggi dalam pengembangan bahan ajar. Salah satunya guru mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Modern Sunan ampel Prambon Nganjuk menggunakan multi bahan ajar (lebih dari tiga bahan ajar) demi tercapainya efektifitas penggunaan bahan ajar yang lebih optimal. Fokus penelitian ini: (1) Apa saja bahan ajar Fiqih kelas VII di MTs Modern Sunan Ampel Prambon Nganjuk. (2) Bagaimana penggunaan bahan ajar Fiqih bagi siswa kelas VII di MTs Modern Sunan Ampel Prambon Nganjuk. (3) Bagaimana efektifitas penggunaan bahan ajar Fiqih dalam pembelajaran Fiqih bagi siswa kelas VII di MTs Modern Sunan Ampel Prambon Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan angket untuk mengukur efektifitas. Analisis dilakukan dengan memaparkan data secara rinci yang telah dikelompokkan dan dikategorikan, dan setelah itu penarikan kesimpulan terkait data-data yang sudah dipaparkan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Bahan ajar fiqih kelas VII di MTs Modern Sunan Ampel Prambon Nganjuk yaitu bahan ajar cetak berupa LKS terbitan Rahma Media Pustaka, Gambar, Handout, Kitab Fatkhul Qorib dan Mabadiul Fiqiyah, dan paket Fiqih terbitan Tiga Serangkai, untuk bahan ajar audiovisual berupa video, dan cuplikan film. Dan bahan ajar multimedia interaktif berupa power point dilengkapi hyperlink. (2) Penggunaan bahan ajar cetak maupun audiovisual dan multimedia interaktif yaitu pada proses pembelajaran fiqih di kelas dimulai dari siswa membaca dan melihat, dilanjutkan pengajuan beberapa pertanyaan dari guru fiqih. Penggunaan bahan ajar fiqih tersebut digunakan guru untuk meningkatkan prestasi siswa baik segi kognitif, afektif dan psikomotor. (3) Efektifitas penggunaan bahan ajar fiqih kelas VII, didapatkan hasil sangat efektif yang ditunjukkan dari rata-rata capaian % diatas KKM dari hasil nilai UTS dan UH adalah 91,2%. Ketercapaian tujuan pembelajaran dapat dilihat dari hasil observasi, beberapa siswa yang ditanya rata-rata dapat menjawab dengan baik. Hasil wawancara menunjukkan adanya respon positif dari siswa dan guru Fiqih kelas VII. Hasil angket efektifitas penggunaan bahan ajar yang dianalisis dengan menggunakan persentase skala Likert menunjukkan ratarata persentase dari jumlah skor tiap pilihan jawaban sebesar 83,4%.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 12 Aug 2022 06:52
Last Modified: 12 Aug 2022 06:52
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5613

Actions (login required)

View Item View Item