Khamidah, Yuni Astriana (2016) Peran Manajemen Sumber Daya Insani Terhadap Kualitas Pelayanan Program Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
COVER_DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (536kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (705kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (466kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (688kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (195kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (391kB) |
|
Text
BIODATA PENULIS_GAMBAR.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Dalam sebuah lembaga maupun instansi lainnya peran manajemen sumber daya insani berperan penting. Manajemen sumber daya insani adalah proses mendayagunakan manusia sebagai tenaga kerja secara manusiawi, agar potensi fisik dan psikis yang dimilikinya berfungsi maksimal bagi pencapaian tujuan organisasi. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana sumber daya insani yang ada di Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng Jombang? 2) Bagaimana kualitas pelayanan yang ada di Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng Jombang? 3) Bagaimana peran manajemen sumber daya insani terhadap kualitas pelayanan di Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng Jombang?. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran manejemen sumber daya insani terhadap kualitas pelayanan di Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng (LSPT) Jombang. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sesuai dengan kehadiran peneliti di lapangan sangat penting karena peneliti merupakan instrumen kunci untuk menangkap makna. Sumber data diperoleh dari karyawan dan ketua Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng Jombang serta data tambahan beruapa dokumen melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Tahap akhir dan analisis data ini adalah mengadakan pengecekan keabsahan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan kecukupan referensial. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa: 1) sumber daya insani dari segi kuantitas memang belum banyak, namun pada hasilnya dapat memberikan kualitas pelayanan yang baik. Lembaga hendaknya memperhatikan tentang kebutuhan karyawan, memenuhi semua kebutuhan sesuai fungsi-fungsi sumber daya manusia, seperti pemberian reward/bonus dan perencanaan karir. 2) kualitas pelayanan yang ada di Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng Jombang sudah baik, namun karyawan belum bisa profesional sesuai strandar operasional kerjanya. 3) peran manajemen sumber daya insani terhadap kualitas pelayanan program Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng sangat berperan dalam kinerja karyawan, karena peran sumber daya insani merupakan tonggak dari sebuah lembaga. Dengan struktur manajemen yang baik, memperhatikan kebutuhan karyawan, dan memberikan penilaian tegas terhadap kinerja karyawan akan menghasilkan kinerja karyawan yang baik sehingga dapat menciptakan lembaga yang profesional dan berkualitas. Program-program yang dijalankan semua bergantung kepada peran manajemen sumber daya insani yang ada di dalam kantor tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 09 Aug 2019 06:38 |
Last Modified: | 09 Aug 2019 06:38 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/561 |
Actions (login required)
View Item |