Efektivitas Model Pembelajaran VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) Pada Siswa Yang Mengalami Kecenderungan disleksia Di SDN Bandarkidul 2 Kota Kediri

Zubaida, Aniek (2022) Efektivitas Model Pembelajaran VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) Pada Siswa Yang Mengalami Kecenderungan disleksia Di SDN Bandarkidul 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933408816_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
933408816_BAB 1.pdf

Download (273kB)
[img] Text
933408816_BAB 2.pdf

Download (209kB)
[img] Text
933408816_BAB 3.pdf

Download (162kB)
[img] Text
933408816_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text
933408816_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
933408816_BAB 6.pdf

Download (157kB)
[img] Text
933408816_suratpernyataan.pdf

Download (414kB)

Abstract

Kata Kunci : Disleksia, VAK, Kemampuan Membaca. Pembelajaran membaca tulisan bagi anak dengan kecenderungan disleksia tidaklah mudah, oleh karena itu diperlukan suatu metode pembelajaran yang tepat untuk diterapkan dengan karakter siswa dengan kecenderungan disleksia, Salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah metode VAK yang merupakan turunan dari multisensori, asumsinya karena metode ini diterapkan dengan menggunakan sensori setiap individu seperti visual, auditori, dan kinestetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran VAK untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa disleksia di SDN Bandarkidul 2 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif-eksperimen dan desain single-case experimental design (desain eksperimental kasus tunggal). Desain ini dipakai dalam menilai intervensi (pengaruh suatu perlakuan) pada kasus tunggal yang subjeknya dapat terdiri suatu kelompok maupun subjek tunggal. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 3 SDN Bandarkidul 2 Kota Kediri, sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 2 siswa dengan kecenderungan kesulitan belajar spesifik membaca disleksia. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes prestasi belajar (achievement test). Analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif disajikan dalam bentuk grafik garis dan deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes kemampuan membaca pada siswa kecenderungan disleksia pada fase baseline A1, intervensi, dan fase baseline A2 secara keseluruhan terjadi peningkatan skor nilai. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh hasil pencapaian pada baseline A1 diantara 13,3% s/d 46,6,% , pada fase intervensi diantara 40% s/d 53,3%, dan pada fase baseline-A2 diantara 53,3% s/d 66,6%. Hal ini menunjukan adanya peningkatan yang dalam setiap fase, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran VAK memiliki efektivitas untuk meningkatkan kemampuan membaca pada siswa yang mengalami kecenderungan disleksia kelas 3 SDN Bandarkidul 2 Kota Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Aniek Zubaida
Date Deposited: 12 Aug 2022 06:19
Last Modified: 24 Aug 2022 07:15
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5607

Actions (login required)

View Item View Item