Upaya pembina lembaga kesejahteraan sosial anak (LKSA) dalam menumbuhkan tanggung jawab sholat anak yatim piatu (studi kasus di LKSA Yusda Rukun Santoso Kepung Kediri)

Sinfi, Ulya Alfayin (2022) Upaya pembina lembaga kesejahteraan sosial anak (LKSA) dalam menumbuhkan tanggung jawab sholat anak yatim piatu (studi kasus di LKSA Yusda Rukun Santoso Kepung Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
932104518_Prabab.pdf

Download (384kB)
[img] Text
932104518_bab1.pdf

Download (159kB)
[img] Text
932104518_bab2.pdf

Download (306kB)
[img] Text
932104518_bab3.pdf

Download (126kB)
[img] Text
932104518_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text
932104518_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text
932104518_bab6.pdf

Download (51kB)
[img] Text
932104518_daftarpustaka.pdf

Download (135kB)
[img] Text
932104518_lampiranlampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[img] Text
932104518_suratizinpenelitian.pdf

Download (140kB)
[img] Text
932104518_suratketerangan.pdf

Download (179kB)
[img] Text
932104518_notakonsultasi.pdf

Download (687kB)
[img] Text
932104518_daftarriwayathidup.pdf

Download (39kB)
[img] Text
932104518_suratpernyataanpublikasi.pdf

Download (205kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya tanggung jawab sholat pada anak. anak yatim piatu di LKSA Yusda Rukun Santoso tertib dalam melakukan ibadah sholat. Mereka melakukan sholat wajib secara berjamaah, dan juga melakukan sholat sunnah secara berjamaah. Pada penelitian ini peneliti ingin melihat upaya yang dilakukan Pembina LKSA yang telah membuat anak-anak tertib dalam melakukan ibadah sholat. Pada penelitian ini akan membahas tentang 1) Bagaimana program pendidikan anak yatim piatu di LKSA Yusda Rukun Santoso Kepung Kediri?, 2) Bagaimana proses pelaksanaan program pendidikan anak yatim piatu di LKSA Yusda Rukun Santoso Kepung Kediri?, 3) Bagaimana evaluasi program pendidikan anak yatim piatu di LKSA Yusda Rukun Santoso Kepung Kediri?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif, serta jenis penelitian studi kasus. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) program pendidikan yang terdapat di LKSA Yusda Rukun Santoso Kepung Kediri yaitu kajian kitab, sholat wajib berjamaah, dan sholat sunnah. 2) Adapun untuk pelaksanaannya yaitu kajian kitab dengan metode bandongan dan pengulangan, untuk sholat wajib dilakukan secara berjamaah dan akan segera bersiap saat mendengar adzan berkumandang. Untuk sholat sunnah juga dilakukan secara berjamaah dan untuk sholat sunnah yang dilakukan anak yatim piatu yaitu sholat Dhuha, Hajat dan Taubat. Dibalik tertibnya anak yatim piatu saat melakukan sholat terdapat upaya pembina yaitu melalui jadwal kegiatan, pembiasaan, dan hadiah dan hukuman. 3) Sedangkan evaluasi program pendidikannya diadakan 3 bulan sekali oleh pengurus LKSA Yusda Rukun Santoso Kepung Kediri untuk hasil program pendidikan sendiri berjalan dengan lancar. Kelancaran program pendidikan tersebut terlihat dari anak yang tidak pernah terlambat saat sholat berjamaah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ulya Alfayin Sinfi
Date Deposited: 12 Aug 2022 02:46
Last Modified: 12 Aug 2022 02:46
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5586

Actions (login required)

View Item View Item