Isro'iyah, Lailatul (2022) Pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar saat pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran al qur’an hadist kelas XI MA Ma’arif Udanawu Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932126318_prabab.pdf Download (423kB) |
|
Text
932126318_bab1.pdf Download (129kB) |
|
Text
932126318_bab2.pdf Download (112kB) |
|
Text
932126318_bab3.pdf Download (142kB) |
|
Text
932126318_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
|
Text
932126318_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
|
Text
932126318_bab6.pdf Download (54kB) |
|
Text
932126318_daftarpustaka.pdf Download (78kB) |
|
Text
932126318_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932126318_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (284kB) |
Abstract
Kemandirian belajar sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor yang terdiri dari faktor eksogen dan faktor endogen. Salah satu faktor endogen yang mempengaruhi ialah kecerdasan emosional. Selain kecerdasan emosional, kemadirian belajar dipengaruhi oleh motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemandirian belajar saat pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran Al Qur’an Hadist siswa kelas XI MA Ma’arif Udanawu Blitar, pengaruh motivasi belajar terhadap kemandirian belajar saat pembelajaran jarak jauh Al Qur’an Hadist siswa kelas XI MA Ma’arif Udanawu Blitar, dan pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar saat pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran Al Qur’an Hadist siswa kelas XI MA Ma’arif Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas XI MA Ma’arif Udanawu Blitar dengan jumlah 618 siswa. Jumlah sampel sebanyak 243 siswa ditentkan dengan rumus Yamane dan teknik pengambilan sampel ini menggunakan simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier berganda dengan menggunakan Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 25. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yakni 1) adanya pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap kemandirian belajar dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000<0,05, koefisien korelasi sebesar 0,329 dan koefisiensi determinasi 0,108, yang berarti pengaruh variabel kecerdasan emosional terhadap kemandirian belajar sebesar 10,8% dan 89,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima. 2) adanya pengaruh antara motivasi belajar terhadap kemandirian belajar dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000<0,05, koefisien korelasi sebesar 0,663. Sedangkan bahwa koefisiensi determinasi 0,439 yang berarti pengaruh variabel motivasi belajar terhadap kemandirian belajar sebesar 43,9% dan 56,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima. 3) adanya pengaruh antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000<0,05, koefisien korelasi sebesar 0,667 sedangkan koefisien determinasi 0,445 sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar sebesar 44,5% dan 55,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Lailatul Isro'iyah |
Date Deposited: | 12 Aug 2022 03:08 |
Last Modified: | 12 Aug 2022 03:08 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5579 |
Actions (login required)
View Item |