Nafiudin, Nafiudin (2015) Strategi Guru Aqidah Akhlak Dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa Kelas VIII (Study Kasus di MTsN Bakalan Rayung Keboan Jombang). Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
932106611 prabab.pdf Download (579kB) |
|
Text
932106611 BAB I.pdf Download (413kB) |
|
Text
932106611 BAB II.pdf Download (647kB) |
|
Text
932106611 BAB III.pdf Download (182kB) |
|
Text
932106611 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) |
|
Text
932106611 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
|
Text
932106611 BAB VI (PENUTUP).pdf Download (162kB) |
|
Text
932106611 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (377kB) |
Abstract
Faktor utama yang menyebabkan rendahnya akhlak di Indonesia adalah kegagalan dalam menanamkan dan membina akhlak. Begitu juga dengan pendidikan akhlak yang ada di Madrasah, kegagalan dalam menanamkan dan membina akhlak, keadaan tersebut berkenaan dengan Strategi guru dan tenaga kependidikan lainnya. Dalam hal ini, MTsN Bakalan Rayung hadir dengan memberikan jawaban baru, bahwa Madrasah ini mampu memberikan akhlak yang baik terhadap peserta didiknya. Berdasarkan uraian dan alasan di atas, maka penulis ingin mengkaji dan meneliti lebih lanjut menegenai strategi guru aqidah dalam pembinaan akhlakul karimah siswa khusunya kelas VIII di MTsN Bakalan Rayung. Adapun yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru aqidah akhlak dalam pembinaan akhlakul karimah siswa kelas VIII di MTsN Bakalan Rayung Keboan Jombang? dan (2) Apa faktor pendukung dan penghambat guru aqidah akhlak dalam pembinaan akhlakul karimah siswa kelas VIII di MTsN Bakalan Rayung Keboan Jombang? Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Kehadiran peneliti di lapangan sangat penting, karena sebagai pengumpul data dengan lokasi penelitian di MTsN Bakalan Rayung Keboan Jombang. Dalam penelitian ini, data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Yang kemudian data tersebut dianalisis dengan melalui yaitu reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian di MTsN Bakalan Rayung Keboan Jombang dapat disimpulkan bahwa (1) Strategi yang dilakukan oleh guru aqidah akhlak dalam pembinaan akhlakul karimah siswa kelas VIII di MTsN Bakalan Rayung adalah melalui keteladanan, menggunakan anjuran, pemberian nasihat melalui ceramah, dengan pemberian hukuman. (2) Adapun faktor pendukungnya adalah kesadaran para siswa, kerja sama guru dalam membina akhlakul karimah siswa. Sedangkan faktor penghambatnya adalah latar belakang siswa yang kurang mendukung, lingkungan masyarakat (pergaulan), pengaruh tayangan televisi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 10 Aug 2022 03:57 |
Last Modified: | 10 Aug 2022 03:57 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5572 |
Actions (login required)
View Item |