Implementasi Pengembangan Kegiatan Akademik dan Non Akademik dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMA Ar-Risalah Lirboyo Kediri.

Rohmawati, Anik (2015) Implementasi Pengembangan Kegiatan Akademik dan Non Akademik dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMA Ar-Risalah Lirboyo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92100613007 prabab.pdf

Download (432kB)
[img] Text
92100613007-bab1-3.pdf

Download (979kB)
[img] Text
92100613007-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
92100613007-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text
92100613007-bab6.pdf

Download (295kB)
[img] Text
92100613007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB)

Abstract

Sejalan dengan semakin pesatnya tingkat perkembangan saat ini, maka tuntutan akan ketersediaan sumber daya manusia semakin tinggi. Dengan demikian, kualitas yang memadai dan out put merupakan sesuatu yang harus dihasilkan oleh sekolah maupun madrasah sebagai satuan pendidikan yang tujuan dasarnya adalah menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas baik secara intelektual, integritas, maupun perannya dalam kehidupan bermasyarakat. Untuk itu baik sekolah maupun madrasah harus membekali dirinya dengan kurikulum yang memadai pendukung konseling dan kegiatan ekstrakurikuler Fokus penelitian dalam tesis ini adalah Implementasi Pengembangan Kegiatan Akademik dan Non Akademik dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMA Ar-Risalah Lirboyo Kota Kediri dalam yang meliputi: (1) Bagaimana bentuk pengembangan dan kegiatan akademik dan non akademik ? (2) Bagaimana prestasi akademik dan Non akademik yang di peroleh siswa SMA Ar-Risalah Lirboyo Kediri? (3) Bagaimana metode yang digunakan dalam mengembangkan prestasi belajar di SMA Ar-Risalah Lirboyo Kediri ? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, yaitu suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang yang diteliti, dengan ciri-ciri sebagai berikut: memiliki latar yang alami, manusia sebagai alat pengumpulan data, analisis data secara induktif dan penelitian bersifat diskriptif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitian adalah studi kasus, dalam penelitian ini penulis akan menelaah secara komprehensif, mendetail, dan mendalam dari lokasi yang diteliti. Hasil analisis menunjukkan: dengan menambah alokasi waktu belajar, yaitu pada mata pelajaran Bahasa Inggris, Bahasa mandarin dan Bahasa Arab. b) membentuk kelompok-kelompok kecil untuk pendalaman bahasa Inggris dan bahasa Arab, Bahasa mandarin dalam hal ini siswa dibagi dalam beberapa kelompok kecil, dan dalam kelompok tersebut seorang siswa yang dianggap lebih mampu ditunjuk oleh tutor sebagai ketua kelompok untuk membimbing teman-temannya, c) mendatangkan tutor, untuk program pendalaman bahasa Inggris tutor didatangkan langsung dari guru bantu dari Amerika, sedangkan tutor dari Bahasa Mandarin juga langsung di datangkan dari RRC, sedangakan untuk tutor Bahasa Arab dengan di wujudkannya yakni langsung bekerja sama dengan lembaga pendidika Bahasa Arab dari UIN Sunan Ampel Surabaya, d) membentuk forum musyawaroh belajar (takror), takror dilaksanakan diluar jam belajar sekolah, dalam bentuk belajar bersama dengan menggunakan metode diskusi dan tanya jawab dengan bahasan materi pelajaran sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 09 Aug 2022 02:57
Last Modified: 09 Aug 2022 02:57
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5546

Actions (login required)

View Item View Item