Ihsan, Muhammad Rokhishul (2022) Peran Lembaga Pendidikan Al-Qur’an Dalam Mencetak Guru Baca Tulis Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode An-Nahdliyah Di Desa Kurungrejo Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932138818_prabab.pdf Download (443kB) |
|
Text
932138818_bab1.pdf Download (202kB) |
|
Text
932138818_bab2.pdf Download (384kB) |
|
Text
932138818_bab3.pdf Download (142kB) |
|
Text
932138818_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) |
|
Text
932138818_bab5.pdf Download (286kB) |
|
Text
932138818_bab6..pdf Download (100kB) |
|
Text
932138818_daftarpustaka.pdf Download (158kB) |
|
Text
932138818_suratpernyataanpublikasi.pdf Download (117kB) |
Abstract
An-Nahdliyah adalah salah satu dari beberapa metode pendekatan untuk dapat membaca dan menulis Al-Qur’an, membaca dan menulis tulisan yang berbahasa Arab dengan beberapa metode pendekatan yaitu demonstrasi, drill, tanya jawab, dan ceramah dengan ciri khas menggunakan stick atau ketukan guna mendisiplinkan bacaan Al-Qur’an. Metode An-Nahdliyah ini dipelajari di lembaga pendidikan Al-Qur’an yang di namakan PGTPQ (Pendidikan Guru TPQ) An-Nahdliyah Nganjuk yang bertempat di Ds. Kurungrejo, Kec. Prambon Kab. Nganjuk. Dipilihnya lembaga ini karena lembaga ini dipercaya oleh lembaga pusat di Tulungagung. Dipilihnya lembaga ini karena lembaga ini memberikan pendidikan terhadap guru agar memiliki kompetensi mengajar yang lebih baik terhadap baca tulis Al-Qur’an dengan metode An-Nahdliyah. Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui penerapan Metode An-Nahdliyah di Lembaga PGTPQ An-Nahdliyah di Desa Kurungrejo Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk. 2) Untuk mengetahui peran Lembaga PGTPQ An-Nahdliyah dalam mencetak guru baca tulis Al-Qur’an dengan menggunakan Metode An Nahdliyah di Desa Kurungrejo Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model Miles Huberman tehnik analisis data kualitatif yang berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) penerapan metode AnNahdliyah di Lembaga PGTPQ (Pendidikan Guru TPQ) An-Nahdliyah meliputi Perencanaan Program Buku Paket (PBP) dan Program Sorogan Al-Qur’an (PSQ) meliputi penentuan Kurikulum, tenaga Pendidik, dan Peserta Didik, Pelaksanaan pembelajaran PGTPQ An-Nahdliyah Nganjuk pada Program Buku Paket (PBP) dan Program Sorogan Al-Qur-an (PSQ), Evaluasi pembelajaran PGTPQ AnNahdliyah Nganjuk terdiri jenjang Program Buku Paket (PBP) dan Program Sorogan Al-Qur-an (PSQ). dan ciri khas dari pada metode An-Nahdliyah yaitu menggunakan ketukan guna mendisiplinkan bacaan Al-Qur’an dan adanya tareqat khusus dari Muassis An-Nahdliyah. 2) peran dari Lembaga PGTPQ (Pendidikan Guru TPQ) An-Nahdliyah adalah mencetak guru baca tulis Al-Qur’an yang standart dengan menggunakan metode An-Nahdliayah, menstandartkan guru TPQ yang menggunakan metode An-Nahdliyah, sebagai pemersatu guru TPQ di Nganjuk, Sebagai penyambung sanad kepada muassis (pencipta) metode AnNahdliyah (kemurnian Ilmu tersebut).
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021405 Maharat al-Kitabah (Writing Skill) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021406 Maharat al-Kalam (Speaking Skill) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Rokhishul Ihsan |
Date Deposited: | 19 Oct 2022 07:59 |
Last Modified: | 19 Oct 2022 07:59 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5538 |
Actions (login required)
View Item |