Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Berdasarkan Teori Newman

Winanda, Irma (2022) Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Berdasarkan Teori Newman. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932306118_prabab.pdf

Download (836kB)
[img] Text
932306118_bab1.pdf

Download (426kB)
[img] Text
932306118_bab2.pdf

Download (615kB)
[img] Text
932306118_bab3.pdf

Download (354kB)
[img] Text
932306118_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB)
[img] Text
932306118_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
932306118_bab6.pdf

Download (260kB)
[img] Text
932306118_daftarpustaka.pdf

Download (275kB)
[img] Text
932306118_suratpernyataan.pdf

Download (188kB)

Abstract

Bagi siswa penguasaan kemampuan dalam mengerjakan soal matematika yang berbentuk soal cerita sangatlah penting. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan apa jenis kesalahan siswa dan apa yang menjadi faktor penyebab kesalahan siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah 7 siswa perwakilan kelas VIII-F SMP Negeri 2 Plosoklaten. Analisis data menggunakan teori Newman pada lembar jawaban tes untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa serta menggunakan lembar wawancara untuk mengetahui penyebab terjadinya kesalahan siswa. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa persentase dan jenis kesalahan yang dilakukan siswa berdasarkan teori Newman yaitu kesalahan membaca 7,12% faktor penyebabnya siswa bingung dengan soal tes, siswa malas membaca saat mengerjakan perintah soal tes, siswa tergesa – gesa dalam membaca, kurangnya ketelitian siswa. Kesalahan memahami 11,34% faktor penyebabnya siswa bingung pada soal tes, lupa langkah – langkah mengerjakan, kurang memahami dengan baik informasi yang ada dalam soal tes. Kesalahan transformasi 18,73% faktor penyebabnya kesulitan dalam menyelesaikan soal tes, bingung memahami soal tes kurangnya pemahaman siswa terhadap materi. Kesalahan proses 31,39% faktor penyebabnya siswa kurang memahami soal tes, tidak menyukai matematika, kesulitan dengan materi, tidak dapat mengerjakan dengan tepat, kurang paham maksud dari soal tes. Kesalahan penulisan jawaban akhir 31,39% faktor penyebabnya siswa tergesa – gesa saat mengerjakan, tidak menyukai materi matematika, kuramg memahami materi yang diberikan, sering lupa untuk menuliskan jawaban akhir, belum menguasai materi SPLDV.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Irma Winanda
Date Deposited: 13 Sep 2022 02:59
Last Modified: 13 Sep 2022 02:59
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5537

Actions (login required)

View Item View Item