Nurkhotijah, Ari (2015) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Kepribadian Siswa Di SMK Putra Harapan Plemahan Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932112710_prabab.pdf Download (506kB) |
|
Text
932112710_bab1.pdf Download (391kB) |
|
Text
932112710_bab2.pdf Download (412kB) |
|
Text
932112710_bab3.pdf Download (424kB) |
|
Text
932112710_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) |
|
Text
932112710_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
|
Text
932112710_bab6.pdf Download (193kB) |
|
Text
932112710_daftar_pustaka.pdf Download (119kB) |
Abstract
Dalam pembentukan kepribadian anak, tugas seorang guru pendidikan agama Islam bukan hanya melalui berbagai mata pelajaran tetapi guru pendidikan agama Islam diharapakan mampu mengarahkan peserta didiknya untuk menjadi manusia yang benar-benar mempunyai kualitas keagamaan yang kuat. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaiamana upaya guru pendidikan agama Islam dalam membentuk kepribadian siswa di SMK Putra Harapan Plemahan Kab. Kediri? (2) Apa faktor pendukung dalam membentuk kepribadian siswa di SMK Putra Harapan Plemahan Kab. Kediri? (3) Apa faktor penghambat dalam membentuk kepribadian siswa di SMK Putra Harapan Plemahan Kab. Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang yang diteliti, dengan ciri-ciri sebagai berikut: memiliki latar yang alami, manusia sebagai alat pengumpulan data, analisis data secara induktif dan penelitian bersifat diskriptif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam di antaranya: (a) memberi teladan berperilaku yang baik (b) memberi nasehat kepada siswa (c) membiasakan berpenampilan rapi (d) memberikan hukuman atau sanksi bilamana ada siswa yang melanggar aturan. (2) Faktor pendukung dari membentuk kepribadian siswa adalah: (a) adanya kerjasama antara guru dan staf dalam memberi teladan, memberi nasehat (b) kesadaran siswa dalam melaksanakan perintah atau nasehat dari guru. (3) faktor penghambat di antaranya: (a) keterbatasan waktu yang dimiliki oleh guru dalam memberi nasehat terhadap siswanya (b) repon siswa kurang, ada yang tidak mau mendengarkan nasehat gurunya
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Adel Adel |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 02:17 |
Last Modified: | 09 Aug 2022 02:17 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5525 |
Actions (login required)
View Item |