Penggunaan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Hijaiyah Bersambung Pada Siswa Kelas 2 SDN Woromarto 2 Kec. Purwoasri Kab. Kediri

Aziz, Muhammad Zulkifli (2015) Penggunaan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Hijaiyah Bersambung Pada Siswa Kelas 2 SDN Woromarto 2 Kec. Purwoasri Kab. Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
942413210_prabab.pdf

Download (529kB)
[img] Text
942413210_bab1.pdf

Download (333kB)
[img] Text
942413210_bab2.pdf

Download (808kB)
[img] Text
942413210_bab3.pdf

Download (437kB)
[img] Text
942413210_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB)
[img] Text
942413210_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
942413210_bab6.pdf

Download (189kB)
[img] Text
942413210_daftar_pustaka.pdf

Download (285kB)

Abstract

Mengenal dan belajar tentang huruf hijaiyah sangatlah penting, khususnya bagi umat islam. Namun pengajaran klasikal di sekolah seringkali mengabaikan adanya perbedaan kemampuan siswa di dalam kelas. Tidak semua siswa dapat menyerap materi dengan baik yang diberikan oleh guru. Siswa cenderung kurang paham dengan pengajaran konvensional yang dilakukan dengan cara ceramah khususnya siswa kelas II SD Negeri Woromarto 2 yang sebagian besar belum mampu untuk menulis huruf Hijaiyah bersambung. Dari 15 siswa, hanya 5 siswa yang dapat menulis huruf Hijaiyah bersambung dengan benar atau 33 % siswa kelas II tuntas belajar dan sisanya 10 siswa atau 67 % siswa belum mampu menulis huruf Hijaiyah bersambung. Untuk mengatasi permasalahan tersebut guru dalam hal ini sebagai peneliti harus pandai memilih strategi pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan menulis huruf Hijaiyah siswa sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode pembelajaran drill yang dapat mengasah kemampuan siswa dalam proses pembelajaran, terutama dalam hal pembelajaran tulis menulis huruf Hijaiyah bersambung. Rumusan masalah peneliti adalah “Apakah penggunaan metode drill dapat meningkatkan kemampuan menulis huruf hijaiyah bersambung pada siswa kelas 2 SDN Woromarto 2 Tahun Pelajaran 2014/2015?” Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian tindakan kelas dengan rancangan model Kemmis dan Taggart. Pengumpulan data melalui observasi berupa tes atau penugasan. Pelaksanaan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaannya di kelas, melalui penggunaan metode drill kemampuan menulis huruf Hijaiyah bersambung pada siswa kelas 2 SD Negeri Woromarto 2 tahun pelajaran 2014 / 2015 telah terjadi peningkatan, dan dapat digambarkan sebagai berikut, yaitu pada tahap Pra siklus 33 % siswa yang tuntas belajar dan sisanya 67 % siswa belum tuntas. Pada Siklus I meningkatan menjadi 66,7 % siswa sudah tuntas dan jumlah siswa yang belum tuntas menjadi 33,3 % dan pada tahap Siklus II terjadi peningkatan dengan hasil yang sangat baik, yaitu 93,3 % siswa telah tuntas dan sisanya 6,7 % belum tuntas. Dengan demikian peneliti dapat menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode drill dalam pembelajaran, kemampuan menulis huruf Hijaiyah bersambung siswa kelas 2 dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adel Adel
Date Deposited: 09 Aug 2022 02:15
Last Modified: 09 Aug 2022 02:15
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5523

Actions (login required)

View Item View Item