Ma'rifah, Ma'rifah (2022) Strategi Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Pada Kelas XI Di MA Islamiyah Tanggulangin Sidoarjo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932102218_PRA BAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
932102218_BAB I.pdf Download (579kB) |
|
Text
932102218_BAB II.pdf Download (605kB) |
|
Text
932102218_BAB III.pdf Download (444kB) |
|
Text
932102218_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (833kB) |
|
Text
932102218_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
|
Text
932102218_BAB VI.pdf Download (159kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK MA’RIFAH, Dosen Pembimbing Dr. Hj. Mu’awanah, M.Pd dan Dewi Agus Triani, M.Pd.I. Strategi Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Pada Kelas XI Di MA Islamiyah Tanggulangin Sidoarjo, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2022 Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam, Efektif Strategi pembelajaran merupakan rangkaian kegiatan yang termasuk pendekatan, metode, media dan pemanfaatan berbagai sumber dalam pembelajaran. Strategi disusun untuk mencapai tujuan tertentu. Artinya, arah dari semua keputusan untuk mencapai tujuan dalam pembelajaran yang efektif. Dengan demikian, pemanfaatan berbagai fasilitas dan sumber belajar semuanya diarahkan dalam upaya pencapaian tujuan tertentu. Begitu juga dalam proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas XI MA Islamiyah Tanggulangin Sidoarjo yang menggunakan beberapa strategi dalam menciptakan pembelajaran yang efektif. Ada beberapa fokus penelitian dalam penelitian ini mengenai bagaimana pendekatan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, bagaiamana metode pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, dan bagaimana media pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam menciptakam pembelajaran yang efektif? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian menggunakan studi kasus. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, Analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan kesimpulan. Dari hasil penelitian menyebutkan bahwa guru Sejarah Kebudayaan Islam di MA Islamiyah menerapkan pendekatan adalah (1) Inquiry (2) CTL (Contextual Teaching and Learning), dan metode yang digunakan meliputi (1) Diskusi (2) Ceramah (3) Tanya jawab (4) Resitasi, serta media yang digunakan adalah (1) Media visual (2) Media audio visual.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MA'RIFAH MA'RIFAH |
Date Deposited: | 08 Aug 2022 06:35 |
Last Modified: | 08 Aug 2022 06:35 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5516 |
Actions (login required)
View Item |