Wati, Dewi Trisna (2022) Pengembangan Buku Sejarah Kebudayaan Islam Berbasis Higher Order Thinking Skills Sebagai Sumber Belajar Mandiri Di Kelas VIII Mts Negeri 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932109818_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932109818_bab1.pdf Download (488kB) |
|
Text
932109818_bab2.pdf Download (378kB) |
|
Text
932109818_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) |
|
Text
932109818_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
932109818_bab5.pdf Download (311kB) |
|
Text
932109818_daftarpustaka.pdf Download (331kB) |
|
Text
932109818_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
Pengembangan buku SKI berbasis HOTS di kelas VIII semester genap di MTs Negeri 1 Kota Kediri ini dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan tentang tidak tersedianya sumber belajar buku SKI yang interaktif, beberapa buku SKI yang dianggap membosankan, ketidaklengkapan materi yang terdapat di dalam buku SKI, dan guru belum optimal dalam menumbuhkan HOTS pada siswa. Tujuan pengembangan ini di antaranya: 1) untuk menganalisis masalah pengembangan buku SKI berbasis HOTS pada siswa kelas VIII semester genap di MTs Negeri 1 Kota Kediri; 2) untuk membuat desain pengembangan buku SKI berbasis HOTS pada siswa kelas VIII semester genap di MTs Negeri 1 Kota Kediri; 3) untuk menguji validitas pengembangan buku SKI berbasis HOTS pada siswa kelas VIII semester genap di MTs Negeri 1 Kota Kediri; 4) untuk mengetahui efektivitas pengembangan buku SKI berbasis HOTS pada siswa kelas VIII semester genap di MTs Negeri 1 Kota Kediri. Skripsi ini menggunakan pendekatan sequential mixed method. Jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi, angket respon, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa: 1) Analisis masalah terhadap pengembangan buku SKI ini diperoleh data belum lengkapnya materi dan ditemukan kerusakan pada buku SKI yang digunakan sebagian siswa, proses pembelajaran SKI dinilai konvensional, tidak adanya buku SKI yang interaktif, guru SKI kurang memunculkan pembelajaran SKI yang beriorientasi pada HOTS; 2) Desain pengembangan diawali dari menganalisis masalah, merancang, mengembangkan, mengimplementasikan, mengevaluasi produk. Produk yang dihasilkan berupa media buku cetak SKI secara full colour. Buku ini dikembangkan dengan menggunakan fitur-fitur yang sesuai dengan pendekatan K- 13, soal-soal yang dikembangkan berbasis HOTS, dilengkapi dengan metode pembelajaran blended learning, terdapat kode QR; 3) Tingkat kevalidan buku SKI berbasis HOTS dinyatakan sangat tinggi karena berada pada interval 3,51-4,00 yang diperoleh dari sembilan pakar yaitu validasi ahli materi sebanyak 3,78, ahli bahasa didapatkan penilaian sebanyak 3,56, dan ahli media didapatkan penilaian sebanyak 3,80 serta dari respon peserta didik sebanyak 3,64; 4) Keefektifan pembelajaran dengan menggunakan buku SKI berbasis HOTS berbasis HOTS diperoleh peningkatan yang signifikan terhadap 32 siswa kelas VIII K yakni rerata skor 76 poin pada pre-test dan 90 pada post-test sehingga produk pengembangan dapat dikatakan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY (Sejarah dan Arkeologi) > 2102 Curatorial and Related Studies > 210201 Archival, Repository and Related Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dewi Trisna Wati |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 02:33 |
Last Modified: | 09 Aug 2022 02:33 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5470 |
Actions (login required)
View Item |